Skip to content

Ngapain Belajar Fisiologi Olahraga?

16/03/2011

Fisiologi Olahraga.

Hm… ngapain ya anak Farmasi belajar tentang olahraga? Emangnya penting?

Well, karena ini salah satu mata kuliah favorit yang paling menarik di antara 59 mata kuliah lainnya selama 4 tahun saya menempuh pendidikan sarjana Farmasi, pasti dong menurut saya mata kuliah ini penting.

Errr… subjektif ya? Hehe…

Jadi, dasar dari Fisiologi Olahraga adalah ilmu Anatomi & Fisiologi Manusia, dimana dipelajari hubungan antara bagian-bagian organ tubuh manusia serta bagaimana fungsi masing-masing organ tersebut bekerja. Nah, bagaimana kemudian struktur organ dan fungsinya mengalami perubahan ketika tubuh melakukan suatu kegiatan olahraga, akan dipelajari di dalam ilmu Fisiologi Latihan. Kemudian, lebih lanjut lagi, penerapan dari Fisiologi Latihan ini digunakan untuk melatih dan meningkatkan kinerja para atlet olahraga. Inilah yang dinamakan Fisiologi Olahraga.

Dari kuliah ini, saya belajar banyak hal menarik. Di antaranya, tentang kerja jantung dan perubahan-perubahan yang terjadi selama tubuh melakukan kegiatan olahraga. Juga mengenai pengaturan fungsi tubuh terhadap kegiatan olahraga. Misalnya, saya jadi tahu, bahwa antara seorang pelari sprinter, pelari maraton, dan perenang, memiliki sumber perolehan energi yang berbeda-beda, sesuai dengan kebutuhan masing-masing cabang tersebut. Seorang pelari sprinter cenderung lebih banyak memperoleh energi dari phosphagen system karena ia perlu adaptasi cepat dalam durasi yang cepat pula. Pelari maraton, menggunakan aerobic respiration system untuk adaptasi yang lambat dalam durasi yang panjang. Sementara perenang, akan lebih banyak menggunakan glycogen-lactic acid system (anaerobic respiration) yang memproduksi energi tanpa melibatkan oksigen.

Selain itu, saya juga belajar tentang komposisi tubuh dan sport nutrition. Ada satu materi yang saya inget, yaitu ukuran dan bentuk tubuh susah untuk diubah, tapi komposisi tubuh bisa diubah dengan diet dan latihan. Komposisi tubuh yang dimaksud adalah karbohidrat, lemak, protein, air, dan mineral. Dan dari masing-masing komposisi tersebut, ada jumlah presentase yang ideal terkandung dalam tubuh. Hehe, jadi agak seneng juga mengingat ukuran dan bentuk badan saya yang emang udah dari sononya agak berlebih ternyata nggak jadi masalah, selama masih sehat dan komposisi nutrisinya tepat. :p

Hm, apalagi ya? Oh ya, tentang efek doping pada atlet juga dipelajari lho. Di sinilah peran farmasis kerasa dibutuhkan banget karena kita kan yang ngerti obat-obatan atau zat-zat apa aja yang jika disalahgunakan penggunaannya bisa menimbulkan efek samping yang berbahaya. Seriusan deh, ini menarik!

Di antara dua orang dosen pengajar mata kuliah ini, salah satunya termasuk dosen yang saya kagumi. Beliau adalah seorang ahli di bidang sports science. Cara menjelaskan materinya nggak bikin bosen dan sering bikin kita pada ”Oohh.. gitu ya Pak…”. Dosen Fisiologi Olahraga ini juga yang suatu hari pernah mengemukakan di depan kelas mengenai Indonesia yang katanya berencana membangun Laboratorium Penelitian Doping sendiri karena selama ini sampel urin para atlet masih dikirim ke Malaysia buat diuji. Sejak saat itu, saya jadi punya angan-angan, kayanya seru deh kalau nanti saya bisa kerja di Lab Doping, terus, by any chance or luck, saya dikirim buat kerja di WADA (World Anti-Doping Agency). Ha… What a dream banget kan… :D

Last but not least, ada satu quote penting yang saya baca dari materi kuliah ini, yaitu, ”Harkat dan martabat suatu bangsa akan dihargai oleh bangsa lain salah satunya melalui prestasi olahraga”. Nah, jadi emang penting kan Fisiologi Olahraga ini dipelajari demi peningkatan mutu atlet dan prestasinya di kancah dunia.

Ya… walaupun sebagai Farmasis nantinya kita nggak secara langsung terlibat dalam dunia keolahragaan, tapi seenggaknya dengan belajar Fisiologi Olahraga, kita bisa turut berkontribusi menciptakan lingkungan dan gaya hidup masyarakat yang sehat. So, setuju kan kalau nggak ada ruginya sama sekali ngambil mata kuliah ini… :)

Salam Sehat!

About these ads
2 Comments leave one →
  1. stafarda permalink
    28/03/2011 11:58 pm

    wah saya juga ambil kuliah ini nih… walopun saya bukan anak farmasi, hehe
    emang seru banget kuliahnya, apalagi buat yg seneng olahraga :P

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 2,278 other followers

%d bloggers like this: