Skip to content

Teknologi Kosmetika, Asyiknya Belajar tentang Kosmetik

18/04/2011

Kosmetik..produk yang cukup diminati oleh banyak orang, baik wanita maupun pria, remaja maupun dewasa. Kosmetik dapat digunakan oleh orang dari berbagai umur, bahkan bagi bayi pun tersedia kosmetika bayi. Banyak hal menarik bagi saya mengenai kosmetik. Oleh sebab itu, saat saya menemukan mata kuliah Teknologi Kosmetika sebagai mata kuliah pilihan di semester genap, saya tidak ragu untuk langsung mengambil mata kuliah ini. ;)

Mata kuliah ini semakin menyenangkan karena disampaikan oleh dosen favorit saya, yang selalu menyampaikan perlunya menikmati sisi kehidupan yang lain selain belajar serta selalu menceritakan pengalaman masa mudanya yang menurut saya cukup menarik.

Disini, saya akan coba untuk memberikan sedikit gambaran mengenai apa saja yang didapat dalam mata kuliah ini.. ;)

Dalam mata kuliah ini, saya diperkenalkan bahwa kosmetika sendiri terbagi menjadi 2, yaitu :

1. Kosmetik yang berfungsi untuk membersihkan, memperindah, mempercantik, atau mengubah penampilan seseorang. Contohnya :  lipstik, pelembab, kosmetik bayi, dll.

2. Kosmesetikal yang berfungsi untuk mempengaruhi struktur dan fisiologi kulit, cenderung memperbaiki fungsi beberapa komponen pada kulit. Contohnya : obat jerawat, pasta gigi, deodorant, sunblock.

Kemudian, satu per satu bentuk kosmetika dijelaskan secara detail mengenai bahan yang terkandung, fungsi, pemilihan produk yang baik hingga cara pemakaian yang benar.

Yang paling menarik bagi saya adalah saat membahas mengenai sunblock dan sunscreen. Kita diperkenalkan tipe sinar UV yang terdiri dari 3 jenis,yaitu : UV A, UV B dan UV C. Dari ketiga jenis sinar UV ini, hanya UV C tidak dapat berpenetrasi ke bumi karena adanya lapisan ozon. UV A dan UV B dapat berpenetrasi ke bumi, dan berperan penting dalam penuaan dini pada kulit dan pemicu terjadinya kanker kulit. Panjang gelombang UV A sebesar 320-400 nm, lebih panjang dibandingkan UV B yang mempunyai panjang gelombang sebesar 290-320 nm. Perbedaan panjang gelombang ini membuat UV B lebih berbahaya dibandingkan UV A.

Untuk melindungi kulit dari efek radiasi sinar UV ini lah, dibuat sunblock dan sunscreen. Perbedaan kedua produk sediaan ini terletak pada mekanisme kerja dalam melindungi kulit, sunscreen bekerja dengan cara mengabsorbsi sinar UV sedangkan sunblock bekerja dengan cara memblok  sinar UV.

Kemudian, yang perlu diperhatikan adalah kadar SPF (Sun-Protection Factor) yang terkandung, biasanya dalam bentuk angka 15, 30, atau 50 yang menyatakan jumlah paparan sinar matahari yang dapat ditangkal. Untuk orang dengan kulit sensitif dan akan menghabiskan banyak waktu di luar rumah, sebaiknya digunakan produk dengan kadar SPF 30 atau lebih.

Untuk pemakaian, sunblock atau pun sunscreen harus digunakan setidaknya 30 menit sebelum terpapar sinar matahari, dan dipakai kembali setiap dua jam.

Ehehe..jadi bisa diterapkan dalam kegiatan sehari-hari kan!

Selain sunblock dan sunscreen, masih ada banyak hal menarik lainnya yang dibahas lohh. Masih ada penjelasan mengenai kosmetika bayi, lipstik, pelembab, dan masih banyak lagi. Yang tidak kalah pentingnya, dalam mata kuliah ini, kita juga diajarkan bagaimana cara menggunakan blush on  dan pemilihan warna sesuai warna kulit, penggunaan kombinasi warna eye shadow yang baik, dan cara penggunaan kosmetik dasar lainnya.

Intinya sih, rasa ingin tahu saya mengenai kosmetik cukup terjawab ketika saya mengambil mata kuliah Teknologi Kosmetika sebagai mata kuliah pilihan saya. Selain itu, saya jadi mempunyai sedikit bekal mengenai cara merias diri ;)

About these ads
2 Comments leave one →
  1. 22/09/2011 9:49 am

    Pengetahuan menambah wawasan..

  2. nz1990 permalink
    10/08/2012 1:13 am

    Kuliahnya ipa bgt g sih? soalnya aku mau registrasi akademik (FE-akun) dan matkul ini ada sbg matkul pilihan lintas fakultas :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 2,287 other followers

%d bloggers like this: