Skip to content

Sambut 31 Mei – Hari Tanpa Tembakau Sedunia

22/05/2011

Bulan Mei tiba, kata-kata ’31 Mei : Hari Tanpa Tembakau Sedunia’ mulai ramai didengungkan oleh instansi maupun organisasi, nasional maupun internasional, yang  aware pada dunia kesehatan. Hari tanpa tembakau sedunia akan segera datang.

Tembakau yang biasanya dimanfaatkan untuk pembuatan rokok berasal dari tanaman Nicotiana tabacum L. Tembakau dikenal berasal dari Amerika Utara dan Selatan. Sejarah mencatat di tahun 1942 saat Cristoper Columbus melintasi laut Atlantik untuk pertama kalinya, penduduk asli Amerika yang bermukim di New World memberi hadiah daun Tembakau yang pada waktu itu kental akan unsur mitos sebagai pengusir setan. Daun-daun tembakau ini oleh Columbus dibawa kembali ke Eropa. Pada perkembangannya tembakau dikenal sebagai obat penenang dan digunakan oleh masyarakat dunia dengan dikunyah atau dihisap dalam bentuk cerutu, rokok, tingwe (lintingan). Merokok kemudian menjadi trend sosial.

Tercatat konsumsi rokok paling besar adalah di negara dengan ekonomi menegah ke bawah (terbanyak di negara berkembang). Di Indonesia sendiri Menurut WHO sekitar 150 juta penduduknya adalah perokok dengan konsumsi rokok total hingga 220 miliar batang per tahun. Tahun 2011 ini Indonesia menduduki peringkat ke-tiga konsumsi rokok terbanyak di Asia, setelah Cina dan India. Sementara itu Komisi Nasional Perlindungan Anak menyatakan jumlah perokok anak saat ini meningkat hingga 45 %. Meningkat dan terus meningkat dari tahun ke tahun. Melihat  kenyataan ini naif rasanya mengharapkan perokok-perokok ini menghentikan kebiasaan pada rokok karena kenyataannya para perokok itu bukan tidak tahu apa bahayanya merokok. “Merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi, dan gangguan kehamilan dan janin” hanya menjadi simbol, semboyan, tak lain halnya semboyan “sedia payung sebelum hujan”. Jika Anda seorang perokok, saya yakin anda pun sudah bosan mendengar informasi tentang bahaya merokok.

Hari Tanpa Tembakau Sedunia sudah ditetapkan sejak tahun 1987 oleh negara-negara anggota WHO melalui sidang umum kesehatan dunia tanggal 7 april pada tahun itu. World No-Smoking Day adalah salah satu resolusi yang diangkat. Hari Tanpa Tembakau Sedunia bertujuan untuk mengingatkan dunia akan bahaya tembakau bagi kesehatan. Lebih jauh lagi, beriringan dengan pelaksanaan kebijakan masing-masing negara tentang rokok, jumlah perokok pemula hingga jumlah kematian akibat rokok diharapkan dapat ditekan.

Sayangnya dari tahun ke tahun peringatan hari tanpa tembakau sedunia di Indonesia tidak pernah seperti harapan. Tahun lalu, di tempat umum, bahkan di kawasan bebas asap rokok seperti Rumah Sakit pun masih sering dijumpai orang yang merokok pada hari itu. Kebanyakan dari mereka mengaku tidak tahu bahwa hari itu adalah hari tanpa tembakau sedunia. Sebagian dari mereka mengungkapkan bila tahupun, mereka juga tidak peduli, karena rokok seperti halnya beras, sudah menjadi kebutuhan bagi mereka. Sangat memprihatinkan, bukan? Inilah kendala besar mewujudkan dunia bebas asap rokok meski hanya sehari saja.

Hanya ada 3 tipe pecandu rokok, yang pertama mereka yang tidak memahami akan bahaya rokok, yang kedua mereka paham tapi tidak berniat berubah, dan yang ketiga mereka paham tapi tidak yakin bisa berubah. Jika mau positif thinking, mereka bisa berubah, Indonesia bisa berubah, dunia juga bisa berubah. Semoga mulai tahun ini kepedulian masyarakat untuk menanggalkan ‘tembakau batangan’ (rokok) itu meningkat. Paling tidak dibuktikan dengan tidak merokok di tempat umum dan kawasan bebas rokok pada peringatan hari tanpa tembakau sedunia tahun ini yang jatuh pada hari Selasa 2 minggu lagi.

Referensi:

-          Voanews (jumlah perokok di Indonesia)

-          Ditjenbun (tembakau)

About these ads
One Comment leave one →
  1. 28/07/2011 11:04 am

    bgaimna nih commen vidya trhdap pnemuan trbaru tntang therapy tembakau, klo g slah pnemuny tuh seorg Prof. farmakologi gthu deh, bliau jga pakar Herbal…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 2,289 other followers

%d bloggers like this: