Skip to content

Kuliah Farmasi : in between medical science and technology!

25/05/2011

Katanya, ITB itu punya banyak singkatan. Selain Institut Teknologi Bandung, ITB seringkali dipelesetkan menjadi Institut Tekanan Batin. Ditambah lagi, farmasi sudah terkenal sebagai jurusan yang cukup “makan banyak waktu” dan stressful (katanya… ).

But here I am, writing words by words with smiling face. I’m still that normal of a kind student and I’m seriously enjoying my studies here so far.

***

Saya ingat betul, seorang dosen pernah mengatakan bahwa ilmu farmasi itu ada diantara sains dan teknik. Ada sisi sains teknologi, sains kedokteran, dan erat kaitannya dengan teknologi. Sebelum betul-betul ‘nyemplung’ di farmasi, yang ada di bayangan saya kuliah farmasi itu akan berkutat banyak dengan reaksi kimia dan laboratorium tentu saja. Hanya terbayang sainsnya akan kental sekali. Tapi ternyata, semua deh ada disini. :D

Mulai dari tahun pertama di ITB, semua jurusan, termasuk farmasi, akan memasuki Tahap Persiapan Bersama (TPB). Seperti mempelajari ilmu-ilmu di SMA, tapi lebih advanced. Secara umum saya sangat menikmati satu tahun di TPB ini. Mata kuliah yang dipelajari mulai dari kimia dasar, kalkulus (my fave one :D), fisika dasar, bahasa Inggris, tata tulis karya ilmiah, dan beberapa mata kuliah pengantar jurusan farmasi. Menarik sih, selain bisa review pelajaran SMA dan menambah bekal pengetahuan dasar, kita juga diberi kesempatan lebih untuk mengenal mahasiswa di jurusan lain.

Di tahun kedua, mulailah masuk ke dunia nyata farmasi. Ilmu farmasinya mendominasi. Laboratorium, tugas, laporan, tes awal praktikum, dan kawan-kawannya mulai menjadi bagian dari rutinitas sehari-hari. Di semester-semester muda ini bayangan awal saya memang terbukti, farmasi ini sains banget. Di tingkat awal ini mulai dipelajari ilmu-ilmu analisis kimia dan farmasi, kimia organik, botani farmasi, mikrobiologi dan termasuk sains terkait anatomi dan fisiologi tubuh  manusia. Mulai belajar mengenai penyakit-penyakit, kaitannya dengan tubuh manusia. Bumbu-bumbu kuliahnya sudah tentu, praktikum di laboratorium yang cukup frequent.

Lalu di semester berikutnya, mulailah diperkenalkan dengan sisi teknologi dari farmasi. Mulai dari teknologi sains mikro hingga makro. Menarik!! Super menarik. Ternyata membuat dan mengembangkan obat itu bukan sekedar terkait dengan sains, tapi ada sisi engineering-nya juga, teknologi. Teknologi mikro yang terkait dengan mikrobiologi misalnya, ada bioteknologi farmasi. Bagaimana aplikasi ilmu bioteknologi di bidang farmasi dipelajari secara umumnya disini. Selain itu ilmu-ilmu terapan yang berbau fisika mulai masuk ke daftar mata kuliah semester, seperti polimer dan farmasi fisika. Dipelajari juga teknologi dalam pembuatan sediaan-sediaan farmasi, seperti sirup, tablet, pil, emulsi, supositoria, dll.

Di tingkat akhir program sarjana farmasi, beberapa ilmu advanced lain terkait kefarmasian masih ada di daftar mata kuliah semester. Selain proyek penelitian tugas akhir, bumbu lain di semester akhir adalah ilmu hukum dan manajemen. See? All is here. Walaupun dua ilmu ini memang salah sekian dari ilmu sosial dasar yang umum dipelajari oleh bidang ilmu terapan manapun. Untuk farmasi sendiri dipelajari secara umum perundang-undangan yang terkait dengan pekerjaan kefarmasian, kesehatan, dan beberapa aspek lain yang berhubungan.

Terlepas dari ilmu sosial dasar yang para mahasiswa farmasi pelajari, farmasi memang ilmu yang luas, applicable, dan kompleks. Farmasi sangat kental dengan ilmu kesehatan-kefarmasian, sains dan teknologi, yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain, karena farmasi terkait dengan produk (obat, makanan, kosmetik) yang digunakan langsung oleh manusia.

Yes, we’re in between medical science and technology.

About these ads
41 Comments leave one →
  1. Fadly permalink
    25/05/2011 5:04 pm

    Hmm..
    Jadi inget zaman dulu, kalau ditanya jurusannya apa, cuma jawab “Teknik Kedokteran ITB”.. :-D

  2. Mia Wismiati permalink*
    28/05/2011 8:47 am

    Begitulah adanya, hehehe. Sisi kedokterannya ada, teknologinya apalagi. :D

    • Fina Artaningrum permalink
      17/07/2012 11:51 am

      trs pelajaran apa ajha yang harus di siapkan kalw mau masuk farmasi herbalnya???

  3. ike permalink
    22/06/2011 8:39 pm

    whaa..salut buat penulis ini..pengen gabung ni…salam kenal..ak ike dari farmasi brawijaya ^^

    • Dwi Putri Y. Y. permalink*
      25/06/2011 6:37 pm

      salam kenal juga untuk Ike.. Salam juga untuk teman – teman farmasi brawijaya..
      kalau berminat bergabung bisa kok dibaca di bagian kontributor..

      sering – sering mampir di blog kami yaa…

  4. Novita permalink
    26/01/2012 8:34 am

    siiiiiiiip…yaa bgitulah farmasi
    LamKen aku Novita dari farmasi PIM Malang

  5. sellytomboyy permalink
    29/01/2012 2:20 pm

    waww
    seru juga .
    Tp sulit ga seh kuliah farmasi itu?
    Soalnya saya mw kul farmasi tp msh binggung :(

  6. amira permalink
    19/02/2012 8:01 pm

    susah ga sih kuliah farmasi ??
    ak masi sma rencananya ak pngen masuk farmasi tp trnyata stlh ak msuk ipa ak justru dibuat pusing dengan kimia yg hitung2annya cukup rumit menurutk.

  7. amira permalink
    19/02/2012 8:02 pm

    mohon jawabannya ;) thanks

    • marinyudhitp permalink*
      23/02/2012 5:01 pm

      sebenernya yg paling penting itu, kita bener2 berminat buat belajar tentang farmasi, jadi walaupun susah pasti bakal tetep menikmati. nah, kmu seberapa tertariknya nih? :) lagian farmasi gak melulu kimia kok, banyak hafalan malah.. smangat ya! :D

  8. Hilwa permalink
    17/03/2012 6:13 pm

    kakak, mau nanya.. hubungan atau aplikasi ilmu anatomi fisiologi manusia dengan farmasi atau obat-obatan itu bagaimana? terimakasih sebelumnya.

    • 18/03/2012 8:18 am

      halo hilwa, makasih udah berkunjung..
      Jadi, menurut saya, kedua ilmu tersebut sangat berkaitan. Obat-obatan dalam tubuh kan akan bekerja pada organ-organ dan sistem organ tertentu sesuai dengan golongan kerjanya, beberapa contoh misalnya : obat asma akan bekerja pada sistem respirasi, anti tukak pada sistem pencernaan, antihipertensi pada sistem kardiovaskular, anti nyeri pada sistem syaraf, anti diabetes pada sistem endokrin, dsb.
      Nah, dengan ilmu anatomi dan fisiologi manusia, kita mempelajari dulu seluk-beluk organ tubuh dan fungsi kerjanya, sehingga nanti ketika kita mempelajari cara kerja obat, kita udah tau dimana dan pada kerusakan fungsi yg mana obat tsb akan bekerja..
      Kurang lebih gitu.. Semoga menjelaskan ya..
      Mungkin temen2 author lain ada yg mau menambahkan? :)

  9. Hilwa permalink
    17/03/2012 6:20 pm

    kakak, mau nanya.. hubungan atau aplikasi ilmu anatomi fisiologi itu dengan farmasi atau obat-obatan itu bagaimana? terimakasih sebelumnya.

  10. Hilwa permalink
    18/03/2012 5:36 pm

    makasih banyak kakak.. kayaknya bakal sering-sering mampir juga.. :D

  11. Hilwa permalink
    18/03/2012 6:00 pm

    nanya lagi deh kak, obat itu bisa mempengaruhi keseimbangan cairan dalam tubuh kan ya? nah, itu kenapa bisa begitu? terimakasih

  12. 25/03/2012 12:32 pm

    Assalamualaikum
    saiia anak SMA kls 3, insayalh sebentar lgii mau slsai..
    Saya tertarik dgn dunia farmasi, dan insayallah ingin melanjutkan kejurusan farmasi.

    Tapii saya masih bingung tentang dunia farmasi.
    Bagaimana tentang pelajarannya, dan apa saja yang harus saja pelajari agar tidak merasa canggung nnti ??

    Tolong jelaskan yaa:)

  13. Nurul permalink
    25/03/2012 8:21 pm

    emm aku bingung nih, mau kuliah farmasi atau nerusin bidang analis aku, minta saran dong???

  14. 29/03/2012 12:25 pm

    Farmasi itu..

    Ngupas obat dari bahan bakunya, penemuannya, pendaftarannya, pengembangannya, pembeliannya, formulasi bentuk sediaan obat, kesesuaiannya dengan tubuh, proses menjelang launchingnya, desain kemasannya, perencanaannya, pembuatannya, pengawasan mutunya, penjaminan mutunya, penyimpanannya, distribusinya, penjualannya, pemberiannya ke pasien. Plus pengawasan di regulasinya.

    Full! Nggak bakal kekurangan gaweanlah kalo farmasi.. Hehehe..

    Salam,
    ariesadhar (apoteker juga ^_^)

  15. Nurul permalink
    03/04/2012 5:30 pm

    thanks atas sarannya mbak aries :)
    semakin semangat untuk menjalani nya :)

  16. dita permalink
    16/04/2012 4:16 pm

    Sy pengen ambil farmasi ntar , tp bingung juga wktu ad coment dr kakak yg blg kalo farmasi bnyak hafalan nya , sdgkan sy ga suka menghafal kak . Lebh suka ngitungnya . Jd gmna dong ? Apakah d farmasi itu lebh banyak menghafal nya dibandingkan dg menghitung. ? Makasih :)

  17. dini permalink
    18/05/2012 9:26 am

    saya sangat tertarik dengan farmasi entah lah saking minatnya sampe gg mw melirik jurusan lain
    tp setelah membaca pengalaman” orang d bidang farmasi waduh nyali saya jadi ciut dan merinding begitu hebat nya dunia farmasi :)
    bagaimana dengan ka” menyenangkan kah kuliah d jurusan farmasi?

  18. 20/05/2012 1:39 pm

    Assalamu Alaikum ,,
    kk sya mau masuk Jurusan Farmasi ???

    tp sy takut nanti sy tdak mampu,,
    N apakah farmasi itu susah dan bikin stres ???

  19. 01/06/2012 11:24 am

    assalamu alaikum,
    kk sya brminat buat msuk jrusan farmasi tp sya sdikit takut soalnya sya dri SMK yg ga belajar IPA jdi agak bingung klu d’tanya soal kimia ataupun fisika..
    gimana dong kaaa?????

  20. 05/07/2012 3:19 pm

    asslammualaikum :) ,, saya siswi smf depok ,, alhamdullilah naik ke kls 3 dan sekarang sedang pkl di rs.kesdam ..
    Kalau menurut pengalam dari saya sendiri di farmasi itu yg paling penting dalam dunia pekerjaannya adlh tentang farmakologi & ppr’a dan hafalan + hitungannya harus kuat :)
    semangat ya yg ingin masuk ke dunia farmasi :) !!!!
    Don’t worry farmasi itu gak semenakuktkan apa yg kalian pikirkan kok ^.^

  21. Anna permalink
    21/08/2012 9:22 pm

    smakin pnasaran sama farmasi nie..
    minta doanya ya semua saya tahun nie resmi jd mahasiswi jurusan farmasi..
    hehe :-)

  22. yulianti permalink
    13/09/2012 10:42 pm

    aku yulianti ka , walaupun saya baru kelas 1 SMA , tapi saya ingin sekali jadi mahasiswi dibidang farmasi , tapi saya masih takut terkadang dengan pelajaran kimia ka, gmn dong ka?

  23. dika permalink
    15/09/2012 8:38 pm

    salam kenal kak, saya berminat ke farmasi, tapi saya punya kemampuan eksakta yang minim, apakah sangat mempengaruhi??

  24. Danang permalink
    23/09/2012 11:10 am

    Salam kenal kak, nama saya Danang ^^

    Gni kak, aku brminat bget masuk ke farmasi. . , tapi kmampuan kimia aku d SMA bsa di bilang ‘tidak mantep’.. u,u
    gmana ni kak ? Aku takutx gk lulus test masukx krn buruk dlm hapal2an rumus kimia… u,u
    Minta saranx ya kak..

  25. Muhammad Hafiz permalink
    27/10/2012 12:28 pm

    Thanks ya kak udh bgi2 info about farmasi, jdi makin pengen kuliah farmasi,
    tpi takut gak kuat dengan hitung-hitungannya, soalnya agak lemah _-.- gmana dong….????
    ap nda papa tetap pilih farmasi..??

  26. nimmah permalink
    05/12/2012 4:38 am

    curhar dong,,
    aku siswi smk farmasi..
    skrg udh kelas 2, mau magang bentar lagi..
    aku dlu masuk farmasu atas saran dari ortu..

    setelah aku masuk, ternyata Farmasi banyak hafalannya.. apalagi farmakologi n farmakignosi.. Menyiksa!!
    padahal aku ga terlalu kuat hafalannya.. aku lbh suka penalaran dr pd hafalan..
    aku jg itung” dua kali kalo hrs kuliah farmasi..
    jd mw tanya, apa aja pembagian jurusanx d farmasi kalo kuliah?? apa harus menghadapi farmakognosi n farmakologi lagi?? atau nggak?? kalo kaya ilmu resep gt aku suka soalx ga terlalu menuntut hafalan..

  27. nimmah permalink
    05/12/2012 4:41 am

    oh ya, ada ga tips untuk 3 semester ke depan biar bisa cepet n.lengket hafalanx? soalnya kadang” udah hafal d rmh pas ulangab Blank.. atau hafalx lama.. misalx dr 21 tanaman cuma 6 yg bisa aku hafal.. ada solusi?? #benar” serasa terjebak

  28. Danur permalink
    02/01/2013 4:56 pm

    Yang di jurusan Farmasi kebanyakan Cewek ya ? -_-

  29. Muhammad Hafiz permalink
    04/01/2013 8:48 pm

    jdi tertarik lgi ni dgn farmasi kmrn rasanya mw mundur nd tertarik ktanya njlimet, tpi jika smw dkerjakan dgn sungguh2 jdi enak yaaa :)

  30. lika permalink
    14/07/2013 10:57 pm

    Alhamdulillah aku sekarang sudah diterima di fakultas farmasi, tapi takut tidak bisa mengikuti pelajaran dengam baik !!!

  31. ma'rifatul azizah permalink
    17/07/2013 2:44 pm

    Farmasi “lebih berat dari FK, lebih sering masuk lab, lebih banyak menghafal, lebih bisa buat stres, dan lebih banyak waktu ngerjain tugas dibanding istirahat”. Awalnya gue semangat! Dipendaftaran ulang gue semakin pesimis dan terbayang2 dunia farmasi yg (katanya) penuh dengan kata “stress”. Tapi, sekarang gue optimis dan yakin bisa! Masa belum dijalanin udah takut duluan ? Optimis dong. Kalo emang iya farmasi itu bikin orang stress itu sudah resiko! Kita cuma bisa b3 (berdo’a, berusaha, dan bersabar) salam Farmasi :) Universitas Muslim Indonesia.

  32. asthy permalink
    04/08/2013 12:05 pm

    hy kak, aku asty kuliah d POLTEKKES Makassar… tp br masuk thn in d jrusan farmasi. mau nx, klw d jrusn farmasi lbih mendominan ke tugas dr pd istrhtx, ap bsa terbyarkn dgn peluang kerja nntix??? makasih….

  33. septian permalink
    14/09/2013 3:08 pm

    farmasi itu berat ya kak kuliahnya??
    enak dan gak enaknya gimana aja?
    aku bru kelas 3 sma,dan rncnanya ingn msk farmasi,

  34. mug permalink
    04/10/2013 12:27 am

    gue takut masuk farmasi.

  35. Sri Muniarti S permalink
    19/10/2013 8:38 pm

    Sangat menarik..

  36. haya permalink
    18/11/2013 7:14 pm

    saya skrng brada di kelas 3 MA jurusan IPA aku pngn ngambil jurusan farmasi … kalau kul farmasi bisa ngambil S2 langsung gakk

    • dwiput permalink*
      24/11/2013 4:34 pm

      Dear Haya,
      terima kasih untuk kunjungannya di blog kami..
      kuliah di farmasi tentu bisa saja jika ingin langsung S2, setelah melalui tahapan S1 dulu tentunya

      -dwiput

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 2,278 other followers

%d bloggers like this: