Skip to content

Praktikum Farmakognosi Analitik

05/07/2011

Farmakognosi Analitik adalah salah satu praktikum yang dilaksanakan pada semester 6. Pada praktikum ini kami mempelajari banyak hal tentang tumbuhan terutama simplisia mulai dari ciri mikroskopiknya hingga penetapan-penetapan karakteristiknya. Praktikum dilaksanakan seminggu sekali dimana materi praktikum yang diberikan selang-seling bergantian antara pengamatan mikroskopik dan analisis.

Pada praktikum Farmakognosi Analitik ini kami mempelajari bagaimana membedakan antara tumbuhan atau simplisia yang satu dengan yang lainnya. Pengamatan mikroskopik dilakukan terhadap berbagai serbuk simplisia tumbuhan mulai dari pati (amylum), daun (folium), kayu (lignum), kulit batang (cortex), bunga (flos), biji (semen), buah (fructus), akar (radix), rimpang (rhizoma), dan herba. Ciri mikroskopik suatu tumbuhan ini menjadi sangat penting mempermudah identifikasi suatu tumbuhan dan juga untuk menghindari terjadinya pemalsuan tumbuhan. Misalnya saja daun jati belanda yang memiliki ciri mikroskopik yang khas berupa rambut penutup berbentuk menyerupai bintang. Selain itu, ada juga ciri mikroskopik lainnya yang dimiliki tumbuhan lain, seperti kelenjar lisigen, sel batu arterosklereid, papila, serbuk sari yang berbentuk seperti durian, kristal kalsium oksalat berbentuk roset, dan lain-lain.

Gambar Pengamatan Mikroskopik Daun Jati Belanda

Pada praktikum pemeriksaan mikroskopik serbuk simplisia ini, setiap praktikan diwajibkan untuk menggambarkan hasil pengamatan di sebuah buku gambar dan diberi keterangan mengenai nama simplisia, suku, dan ciri mikroskopiknya. Hal ini dapat membantu kami untuk lebih mudah mengingat apa yang sudah kami amati. Oiya, di tiap akhir praktikum mikroskopik juga diadakan tes akhir dimana setiap praktikan mendapat satu sampel yang berisi campuran 4 macam serbuk simplisia yang tidak kami ketahui dan kami harus menentukan serbuk simplisia apa sajakah yang terdapat dalam sampel tersebut.

Selain pengamatan mikroskopik, materi lainnya yang dilakukan dalam praktikum Farmakognosi Analitik antara lain penetapan karakteristik mutu simplisia, seperti penetapan kadar air, kadar abu, kadar sari larut air, kadar air larut etanol, susut pengeringan, penentuan kadar alkaloid, penentuan kadar flavonoid total, penentuan kadar tanin, penentuan kadar minyak atsiri, penetapan indeks busa, indeks ikan, indeks hemolisis, indek kepahitan, indeks kepedasan, dan lain-lain. Hal ini dapat dijadikan acuan dalam penilaian mutu dari suatu tumbuhan, meskipun suatu tumbuhan mungkin saja memiliki karakteristik yang berbeda karena adanya perbedaan lingkungan tempat tumbuh, ketinggian, kelembaban, dan lain-lain. Di samping itu, beberapa pengujian ini juga dapat dijadikan panduan untuk memantau terjadinya kontaminasi, misalnya tingkat cemaran dari logam berat. Selain itu, pada praktikum ini juga terdapat materi mengenai kultur jaringan dan pemeriksaan BKO (Bahan Kimia Obat) dalam sediaan jamu, yang semakin menambah bervariasinya praktikum Farmakognosi Analitik ini.

Salah satu yang paling menarik dari praktikum ini adalah sistem ujiannya. Ujian dibagi ke dalam 5 bentuk, yaitu pemeriksaan identitas simplisia secara makroskopik, pemeriksaan identitas simplisia secara mikroskopik, analisis mikroskopik campuran 4 serbuk simplisia, tes pengetahuan simplisia, dan yang terakhir ujian tertulis yang berkaitan dengan materi praktikum lainnya yang lebih bersifat teoritik. Hah? Banyak ya? Ya, pada ujian praktikum ini kita memang dituntut untuk benar-benar memahami semua materi yang telah diberikan dan mengerti segala seluk-beluk dan hal-hal detail tentang suatu tumbuhan. Terlepas dari itu semua, praktikum ini cukup menyenangkan ;)

About these ads
No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 2,289 other followers

%d bloggers like this: