Skip to content

Kristalografi Farmasi : Tak Kenal Maka tak Sayang

08/03/2011

Selama menjalani 4 tahun studi di program sarjana farmasi, setiap mahasiswanya pasti punya mata kuliah favorit masing-masing. Jumlahnya bisa 1,2 atau mungkin ada yang semua mata kuliah adalah favoritnya. (Oh, well…hehehe). As for me, I have one. Namanya kristalografi farmasi. Bidang ilmu yang kemudian menjadi field penelitian tugas akhir saya.😀

Kristalografi ini merupakan salah satu mata kuliah pilihan (sayangnya) dengan beban satuan kredit semester (SKS) sejumlah dua saja. Sudah kuliah pilihan, dua sks pula. Kok bisa suka? Hehehe.. nanti ada ceritanya.

Kristalografi sendiri merupakan suatu bidang ilmu yang mempelajari sistem-sistem kristal termasuk susunan atom-atom dalam suatu padatan. Bidang ilmu ini sering digunakan di major field mineralogi dan teknik material. Tapi ternyata bidang ilmu ini juga sangat berguna loh untuk diaplikasikan di bidang farmasi.

Beberapa contoh kegiatan penelitian di bidang ini yang dilakukan oleh mahasiswa maupun peneliti adalah identifikasi kristal suatu senyawa/bahan, identifikasi karakter fisika suatu senyawa/bahan, modifikasi fisika dari satu/lebih senyawa/bahan dan sebagainya. Kegiatan penelitian tugas akhir saya sendiri didominasi dengan membuat kristal dan mengamati kristal. (sounds fun, doesn’t it?).

And it is fun indeed.

Fun. Mungkin inilah salah satu alasannya kenapa kristalografi ini merupakan mata kuliah favorit saya. Cerita cinta saya ini dimulai dari kekaguman saya pada dosen yang notabene adalah ahli kristalografi farmasi di Indonesia. Saya selalu merasa beliau acap melihat sesuatu dengan sudut pandang yang berbeda (in a good way). Akhirnya saya memutuskan untuk mengajukan diri melakukan tugas akhir di bawah bimbingan beliau. Awal-awal mempelajari kristalografi ini, saya stress bukan main. Karena ini betul-betul ilmu baru buat saya. Tapi perkenalan lebih dekat dengan kristalografi membuat saya mulai terkagum-kagum. Serbuk putih bila dilihat dengan mata telanjang hanyalah serbuk, putih, dan (sepetinya) terlihat bulat. Tapi dibalik lensa mikroskop… voila!! Bentuknya cantik bukan main. Tidak putih, tapi berwarna-warni. Tidak bulat tapi punya dimensi lain, bentuk lain, dan beragam. Indaaaah….😀

Truth be told, saya (dulu) tidak begitu menikmati mata kuliah di bidang farmasi. Tapi tidak menikmati bukan berarti tidak bertanggung jawab pada apa yang saya jalani. Hanya saja dulu saya tidak mendapatkan the fun feeling.  Terimakasih kepada kristalografi yang membuat saya ingin mengenalnya lebih jauh dan akhirnya bisa belajar menyukai bidang ini dan mungkin bidang-bidang ilmu farmasi yang lain. Karena akhirnya saya belajar satu hal, bahwa mungkin tidak menyukai bidang farmasi itu awalnya karena tidak mengenal dengan baik apa yang sedang dipelajari. Tak kenal maka tak sayang.

Learning with FUN,

Mia

7 Comments leave one →
  1. 10/03/2011 10:13 pm

    Been there done that! Aaaaa genduuut, kangen Bapa ga sih :s

    Hidup KRISTALOGRAFI! Membuka cakrawala kefarmasian cailah..

    EH btw gaya banget sih bikin blog😉

  2. Mia Wismiati permalink*
    10/03/2011 10:21 pm

    hahaha… Kemarenan abis perwalian sama bapak. Seperti biasa, banyak dikasih “kuliah hidup”. Terima kasih kakaaaak, sudah mampir. Inisiatif nya generasi muda apoteker tuh. Mia sih ikut2 aja, diajakin. Demi apoteker yang makin eksis (dan berilmu). Amiiiiien. Saran Kritiknya ditunggu kakaaaaaak. :))

  3. 13/03/2011 10:27 am

    hahaha kakakmu peang! Serasa muda eh? Genduuuut salam buat our SNS yaaa😀 Doain saya juga sedang mengemban misi meningkatkan nutrisi bangsa #halah..

    Good job anw

  4. 26/03/2011 2:41 pm

    waha jadi inget dulu TA mengurung diri di ruang pak Sundani, seharian mantengin mikroskop + kamera + komputer, tapi kristalnya gagal mlulu kebentuk hehe

  5. Mia Wismiati permalink*
    17/04/2011 11:22 am

    Haha… Betul, kristalnya susah didapet, sekalinya dapet giraang. hehehehe…
    Wah senang sekali Kang Aldi sempet mampir ke blog Calon Apt bercerita. Ayo kang, ikutan jadi kontributornya yuk, mungkin bisa sharing sama teman-teman apoteker lain ato yang berminar jadi apoteker tentang dunia farmasi😀

    • 20/04/2011 1:02 pm

      wah jangan saya deh, ntar yg sy share masalah webdesain😛 bukan masalah farmasi . . .

  6. 21/02/2013 12:52 pm

    Dear All… Mungkin ada yang masih punya buku teori ttg kristalografi? Saya perlu utk dibidang pekerjaan saya… Catatan Kristalografi sy sdh entah kemana, jd udah rada lupa lagi ttg Kristalografi.

Leave a Reply

