Skip to content

Ouuch.. Jerawat!

20/03/2011

Jerawat merupakan masalah yang umumnya sering dihadapi oleh kaum remaja yang menginjak masa pubertas. Tapi jangan salah lohh..jerawat bukan suatu penyakit yang memandang umur.

Sebenarnya gimana sih sampai bisa timbul jerawat?

Jerawat timbul di saat kelenjar keringat yang terdapat di kulit menghasilkan sebum (minyak) secara berlebihan, yang dapat disebabkan karena produksi hormon androgen yang berlebih (remaja pubertas, ibu hamil,wanita yang mendekati waktu menstruasi, ataupun pasien yang mengkonsumsi obat antikonvulsan, kortikosteroid, pil KB, dll), genetik (turunan), stress, ataupun karena paparan langsung terhadap kosmetik atau benda-benda tertentu yang dapat meningkatkan sensitivitas kulit.

Dalam jumlah normal, sebum berguna untuk mencegah kekeringan pada kulit dan juga rambut. Namun, dalam jumlah berlebih, sebum dapat menyumbat folikel atau pori-pori kulit. Pori-pori kulit yang tersumbat oleh sebum, jaringan sel yang mati dan mulai menjadi tempat hidup bakteri disebut sebagai komedo “whitehead”. Komedo “whitehead” yang terlihat pada permukaan kulit dan teroksidasi berubah menjadi komedo “blackhead”, berupa bintik hitam pada wajah.

Bakteri yang hidup di dalam komedo tersebut, perlahan akan menyebabkan peradangan. Peradangan ini lah yang selanjutnya disebut sebagai jerawat. Jerawat dapat berupa tonjolan merah kecil saja (papule), tonjolan merah kecil yang mengandung nanah pada bagian ujungnya (pustule), tonjolan merah besar yang padat nanah dan terasa nyeri (nodule), hingga menjadi jerawat yang telah mengalami infeksi bakteri yang parah dan terasa sakit (cyst).

Daerah wajah yang paling sering berjerawat adalah bagian yang disebut “T zone”, terdiri dari hidung, dahi dan dagu. Selain wajah, bagian tubuh lain yang sering terjadi jerawat adalah bagian dada, leher dan bahu.

Tenang..ada beberapa cara untuk mencegah timbulnya jerawat, seperti :

  • Cuci muka 2 kali sehari, untuk menghilangkan minyak yang berlebih dan kulit mati.
  • Mandi setelah melakukan aktivitas yang menghasilkan banyak keringat.
  • Saat melakukan aktivitas di luar rumah (outdoor), sebaiknya menggunakan tabir surya untuk mencegah pori-pori kulit tersumbat ataupun rusak akibat paparan sinar matahari. Sebaiknya gunakan tabir surya yang berbasis air (water-base) dengan SPF minimal SPF 15.
  • Tidak menggunakan pakaian dari bahan yang dapat memerangkap panas dan lembab, seperti nilon. Adanya panas dan lembab, dapat menjadi tempat yang nyaman untuk bakteri berkembang biak.
  • Tidak menggunakan kosmetik yang dapat mengiritasi, sangat tergantung pada sensitivitas kulit masing-masing.
  • Menghapus make-up sebelum tidur.
  • Rajin minum air putih sebagai salah satu cara detoksifikasi tubuh.
  • Perbanyak konsumsi sayur dan buah, terutama yang banyak mengandung vitamin A (wortel, bayam, dll), Vitamin B-2 (ikan, susu, telur, daging, sayuran hijau, dll), Vitamin B-3 (alpukat, telur,dll), Vitamin E (brokoli, mangga,dll) dan Zinc (Telur, biji-bijian, jamur, dll).
  • Istirahat yang cukup, karena istirahat dibutuhkan untuk kulit agar bisa beregenerasi.

Bila sudah terjadi masalah timbulnya jerawat, maka penanganan awal yang harus dilakukan adalah :

  • Rajin membersihkan kulit.
  • Hindari sinar matahari langsung.
  • Usahakan untuk tidak menyentuh jerawat.
  • Jangan memencet atau menekan jerawat, karena akan menyebabkan jerawat semakin parah.

Untuk selanjutnya, dapat digunakan obat jerawat yang bebas dibeli di pasaran. Jerawat bukan suatu penyakit serius, namun apabila merasa tidak nyaman karena rasa sakit yang dialami ataupun tidak nyaman karena pengaruh jerawat terhadap kehidupan sosial, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter. Jangan lupa untuk mengkonsultasikan obat yang akan dibeli pada apoteker terdekat yaa!

 

Referensi :

http://www.acne.com/

http://www.medicinenet.com/

http://www.mayoclinic.com/

http://www.acnecaretips.com/

One Comment leave one →
  1. 05/11/2011 10:47 pm

    jerawat bikin sebel..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: