Skip to content

Obat Jerawat, Sahabat Para Remaja dan Bukan Remaja

21/03/2011

Bukan cuma remaja bahkan yang sudah tidak remaja lagi peduli akan keberadaan jerawat. Tiap kali kamu bercermin dan menemukan jerawat nangkring di wajah kamu, percaya diri kamu pasti turun beberapa level. I know I know, jerawat memang sangat mengganggu penampilan. Selain bisa menimbulkan kesan buruk, jerawat juga dapat memunculkan persepsi bahwa si pemilik jerawat kurang peduli akan kebersihan dan kesehatan wajah. Easy fellas, semua ada solusinya. Mari kita selesaikan masalah jerawat kamu.

Pada umumnya obat yang digunakan untuk mengatasi jerawat berupa sediaan topikal (obat luar berupa salep, krim, gel, dan sabun). Ada obat jerawat yang bisa dibeli tanpa resep dokter, tapi ada juga obat yang harus dibeli dengan resep dokter. Dibawah ini beberapa obat jerawat topikal yang bisa dibeli tanpa resep dokter. Check with your dermatologist or pharmacist before combining acne products.

  1. Benzoyl peroksida, First line agent for treatment of mild acne and it’s considered a mainstay in acne therapy. Benzoyl peroksida bekerja dengan cara mengurangi P.acnes dan mengangkat sel-sel kulit mati untuk mencegah komedo. Efek samping utama dari obat ini yaitu terjadi iritasi kulit. Benzoyl peroksida terdapat dalam bentuk lotion maupun gel. Penggunaan benzoyl peroksida harus tetap dilanjutkan setelah jerawat bersih untuk mencegah pembentukan jerawat yang baru.
  2. Resorcinol, A popular ingredient in over-the-counter acne medications, resorcinol mengendalikan jerawat kecil dan biasanya ada dalam bentuk kombinasi dengan sulfur.
  3. Salicylic acid, Digunakan pada jerawat dengan tingkat keparahan ringan. Biasanya digunakan pada facial cleansers. It’s third choice for maintenance therapy. Mempunyai sifat komedolitik (menghancurkan komedo) dan keratolitik yang dapat melunakkan kulit sehingga dapat membantu penyerapan obat lain. Selain itu, asam salisilat mempunyai efek antiinflamasi. Seperti benzoyl peroksida, asam salisilat harus digunakan berlanjut.. Once stopped, pores clog and acne returns. Produk asam salisilat ditemukan dalam bentuk lotion, krim, dan pad.  Asam salisilat dapat menyebabkan iritasi kulit.
  4. Sulfur, Produk sulfur biasanya dikombinasi dengan zat lainnya, misalnya alkohol, asam salisilat, dan resorcinol. Sulfur belum diketahui bagaimana mekanisme kerja membersihkan jerawat. Walaupun baunya yang tidak enak, kadang-kadang sulfur digunakan sendiri untuk menangani jerawat.
  5. Alkohol dan aseton, Kombinasi alkohol dan aseton efektif mengatasi jerawat, acetone works as a degreasing agent and alcohol has mild antimicrobial properties. When used alone, acetone tends to have no effect.

Selain obat jerawat non-resep, ada juga obat jerawat yang pembeliannya harus dengan resep dokter karena merupakan golongan Obat Keras, yaitu Isotretinoin, Oral Antibiotics, Oral Contraceptives, Topical Antimicrobials, dan Topical Retinoids.

Pertimbangan ketika memilih obat jerawat :

  1. Kenali jenis kulit kamu. Untuk jenis kulit berminyak pilih sediaan dalam bentuk gel atau solution dan untuk jenis kulit kering pilih sediaan dalam bentuk krim atau ointment.
  2. Jika dokter kulit kamu memberikan beberapa obat jerawat sekaligus (untuk obat resep), lebih baik kamu menggunakan salah satu obatnya pada pagi hari dan yang lainnya pada malam hari.

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam masa pengobatan jerawat :

  1. Ingatlah, kotoran bukan penyebab utama timbulnya jerawat melainkan hormon dan minyak yang berasal dari kelenjar minyak pada kulit.
  2. Pengobatan membutuhkan waktu sekitar 8 – 12 minggu. And there’s no quick fix.
  3. Cuci wajah 2 kali sehari dengan menggunakan sabun lembut  lalu oleskan obat jerawat pada wajah. Sering mencuci wajah apalagi dengan ‘gaya’ kasar dan sabun scrub dapat memperparah kondisi jerawat. Karena sabun scrub bertujuan untuk mengangkat lapisan tanduk pada kulit (sel kulit mati), bukan untuk mengobati jerawat. Sehingga penggunaan sabun muka dengan scrub dapat memperparah keadaan jerawat.
  4. Topical acne therapy harus dioleskan tipis-tipis pada bagian wajah munculnya jerawat dan disekitarnya.
  5. Pilihlah obat jerawat sesuai dengan jenis kulit wajah kamu.
  6. Jika kulit kamu menjadi kering gara-gara obat jerawat itu, kamu bisa menggunakan moisturizer bebas minyak dan non-comedogenic, serta bebas pengharum.
  7. Gunakan sunscreen jika obat jerawat mengandung antibiotik.

Ketika ada teman kamu yang bilang “eh jerawat lo tuh makin menjadi deh” tapi kamu belum yakin bahwa kamu butuh dokter kulit, coba yakinkan diri kamu dengan cara buatlah list pernyataan berikut ini :

  • Jerawat-jerawat ini membuat saya malu
  • Saya dibuat malu oleh jerawat-jerawat ini
  • Penampilan saya menjadi kurang meyakinkan semenjak jerawat saya bertambah banyak
  • Obat jerawat OTC tidak membantu mengatasi jerawat saya
  • Saya mulai melihat bekas jerawat di wajah saya (oh tidak!)
  • Muncul blackhead dan whitehead (komedo) dan kulit saya memerah
  • Ada bercak hitam bekas jerawat yang ditinggalkan di wajah saya

Jika kamu men-checklist semua pernyataan diatas, cari dan temuilah dokter kulit. Not only can dermatologists help resolve existing acne, they can also help prevent new lesions from forming and reduce your chance of developing disfiguring scars.

SUMBER :

MIMMS CONSULTATION

http://www.skincarephysicians.com/acnenet/index.html

3 Comments leave one →
  1. 21/03/2011 12:56 pm

    stuju neng, there’s no quick fix.

  2. 11/06/2011 12:06 pm

    kalo lotion asam salisilat 2% beli dmn dan merknya apa ya?tolong diemail ya say :
    coba3.tiara@gmail.com
    makasih banyaaak🙂

  3. nay permalink
    01/07/2013 9:06 am

    b.arti dari b.brp obat tsb b.sifat adict donk ??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: