Skip to content

Bersahabat dengan Si Bening

04/04/2011
by

Si bening yang satu ini sangat erat dengan kehidupan kita. Dan jika kita bersahabat dengan baik, si bening ini juga akan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan kita.

Siapa sih si bening?

Tentu saja, semua pasti mengenalnya dengan baik. Dia adalah…. “Air Putih”! Sebagian besar dari kita pasti sudah banyak mendengar tentang berbagai manfaat air putih, atau ada yang belum? Wah, kalau begitu lebih baik dibaca sampai tuntas ya artikel kami kali ini.  Air putih, atau terkadang kita sebut air mineral, memiliki 2 manfaat utama bagi kita, yang pertama ditinjau dari segi kesehatan dan juga segi ekonomi.

Sebagian besar tubuh kita, terdiri dari air.  Sehingga mengonsumsi air yang berkualitas menjadi sangat penting bagi tubuh. Dianjurkan bagi kita untuk mengonsumsi air putih 8 gelas per hari, atau kira – kira setara dengan 2 Liter air. Apa saja sih manfaatnya?

  1. Membantu melembabkan kulit. Air membantu mengisi jaringan kulit, melembabkan, dan meningkatkan elastisitas kulit. Jika kita kurang mengonsumsi air putih, maka tubuh kita kan menyerap air yang terkandung di kulit. Oleh karena itulah, kulit kita akan menjadi kering dan kusam.
  2. Meningkatkan produktifitas kerja. Otak kita sebagian besar terdiri dari air, dengan meminum air, maka akan membantu meningkatkan konsentrasi dan kewaspadaan.
  3. Membantu kerja ginjal. Bayangkan sebuah mesin cuci yang sedang bekerja membersihkan setumpuk baju – baju kotor, namun air yang digunakan hanya sedikit. Pasti akan sulit bukan? Nah seperti itulah kerja ginjal jika kita kurang mengonsumsi air. Jumlah air yang sedikit di dalam tubuh akan meningkatkan kekentalan darah dalam tubuh. Jika darah yang akan disaring oleh ginjal terlalu kental, maka ginjal akan bekerja sangat keras untuk menyaringnya. Hal ini sangat berbahaya karena akan menurunkan fungsi kerja ginjal.
  4. Membantu menurunkan berat badan. Air akan meningkatkan kecepatan metabolisme di dalam tubuh,yang akan memberikan anda energi dan membantu meningkatkan kecepatan pembakaran kalori 3% lebih cepat. Selain itu, meminum air hangat 15 menit sebelum makan akan membuat anda merasa kenyang. Sehingga mengurangi keinginan anda untuk mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak.
  5. Memperlancar pencernaan. Sistem percernaan akan menjadi lebih lancar jika kita mengonsumsi cukup air. Sehingga menghindarkan kita dari berbagai masalah pencernaan.
  6. Mengurangi resiko kanker. Berkaitan dengan sistem pencernaan, beberapa studi menunjukkan bahwa mengonsumsi air yang berkualitas secara teratur dapat membantu menurunkan resiko kanker kolon dan saluran kemih. Hal ini karena air mengencerkan konsentrasi zat penyebab kanker pada saluran kemih, dan menurunkan waktu kontak zat penyebab kanker pada makanan di dalam saluran kolon.

Beberapa manfaat yang telah disebutkan pasti membuat kita menyadari betapa pentingnya air untuk tubuh. Namun, perlu diingat bahwa air putih hanya salah satu asupan yang membantu menjaga kesehatan. Jangan lupakan makanan dan minuman lain yang mengandung nutrisi yang tinggi. Karena nutrisi tersebut sangat kita perlukan oleh tubuh kita.

Selain dari segi kesehatan tubuh, air putih juga membantu “kesehatan” dompet kita loh.

Masa sih?

Air putih yang banyak dijual dalam bentuk kemasan botol saat ini sudah dapat kita temukan dimana  – mana, baik di warung – warung kecil maupun di supermarket, dan harganya cukup murah. Sifat ekonomis lainnya, sangat bisa kita rasakan kalau kita sedang makan di restoran atau kafe. Coba anda perhatikan daftar harga minuman di restoran atau kafe, biasanya yang paling murah itu adalah air mineral. Bahkan, kalau kita makan di warung makan, air putihn biasanya gratis. Hemat kan? Saingan terberatnya mungkin hanya es teh manis. Namun jika dibandingkan antara keduanya, air putih tetap masih “juara”. Kenapa? Meskipun banyak manfaat di dalam teh, akan tetapi teh dapat menghambat penyerapan nutrisi makanan. Jadi jika mencari teman untuk makanan,  air putih ini masih menjadi pilihan yang sangat baik. Bagi mahasiswa yang biasanya mengutamakan prinsip hemat, air putih biasanya menjadi pilihan utama ketika memilih minuman.

Anda pernah merasa gengsi atau malu ketika memesan air putih? Ketika anda selesai membaca artikel ini, anda bisa mengatakan dengan yakin dan elegan bahwa anda andalah seseorang yang memiliki gaya hidup sehat. Sounds cool eh?

Jadi, tunggu apalagi? Ayo kita bersahabat dengan si bening!

Referensi:

http://www.mangosteen-natural-remedies.com/benefits-of-drinking-water.html

http://muslimah.or.id/kesehatan-muslimah/manfaat-menakjubkan-air-putih.html

http://www.weightlossforall.com/benefits-water-drinking.htm

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: