Skip to content

Praktikum Anatomi dan Fisiologi Manusia II; Mengenal Lebih Dalam Sistem Organ

27/04/2011

Hmm.. kalau dipikir-pikir, praktikum yang paling menyenangkan bagi saya adalah praktikum bidang keahlian farmakologi, karena disana saya mempelajari apa yang terjadi dalam tubuh kita sendiri. Selain itu, praktikum farmakologi serupa tapi tidak sama dengan praktikum biologi saat sekolah. Dari berbagai praktikum bidang keahlian farmakologi yang saya dapat, sebut saja praktikum Anatomi dan Fisiologi Manusia II dan praktikum Farmakologi dan Toksikologi III, yang akan saya sharing kali ini adalah praktikum Anatomi dan Fisiologi Manusia II. Praktikum ini cukup menarik bagi saya. Kenapa praktikum ini menarik? Karena dalam praktikum ini, kita diberi kesempatan untuk belajar lebih dalam mengenai sistem-sistem organ.

Hampir seluruh sistem organ dipelajari dalam praktikum ini, dimulai dari sistem pencernaan, sistem pernapasan, sistem kardiovaskular, sistem saraf, sistem ekresi, sistem reproduksi, sistem limfatik, hingga sistem peliput.

Seperti kebanyakan praktikum farmasi lainnya, praktikum ini selalu diawali dengan tes awal, dimana kita harus menjawab beberapa pertanyaan berkaitan dengan apa yang akan kita praktikumkan hari itu. Sehingga, menuntut kita untuk terlebih dahulu belajar. Untuk persiapan tes awal, lembaran modul praktikum dan buku Fundamentals of Anatomy and Physiology-nya Martini biasa dijadikan sebagai bahan bacaan🙂

Setelah lembar tes awal dikumpulkan, biasanya ada dosen ataupun asisten dosen yang akan memberikan gambaran singkat tentang apa saja yang akan dilakukan pada praktikum hari itu beserta tips dan trik untuk menghindari kesalahan dalam praktikum. Kemudian, praktikum pun dimulai! Praktikan segera kembali ke dalam kelompok-kelompok kecil. Dibantu asisten praktikum tiap kelompok, dilakukan pembagian tugas agar semua percobaan dapat dilakukan dalam waktu yang telah ditentukan. Banyak hal menarik terjadi selama praktikum, terutama praktikum yang menggunakan hewan percobaan berupa katak, mencit dan tikus. Tidak jarang terlihat wajah praktikan yang tegang dan ketakutan saat mencoba menangani hewan percobaan, termasuk saya😛

Menurut saya, percobaan yang paling menarik dari keseluruhan percobaan yang ada dalam praktikum ini adalah percobaan tentang suhu tubuh dan metabolisme pada olahraga. Percobaan ini berbeda dengan percobaan lainnya karena percobaan ini tidak dilakukan di laboratorium melainkan dilakukan di tunnel-penghubung sunkencourt dengan saraga. Dengan bermodalkan termometer dan stopwatch, praktikan beramai-ramai menuju tunnel. Menyenangkan sekali, karena mendapat suasana praktikum yang berbeda, outdoor!

Di sana, setelah mengukur suhu tubuh dengan thermometer dan menghitung denyut nadi dengan bantuan stopwatch, praktikan melakukan olahraga ringan bersama-sama, dibimbing oleh dosen olahraga. Menyenangkan! Setelah berolahraga, dilakukan pengukuran suhu tubuh dan penghitungan denyut nadi kembali. Intinya sich, kita diminta untuk membandingkan suhu tubuh dan denyut nadi kita sebelum dan setelah berolahraga😛.

Setelah praktikum selesai, selalu dilakukan diskusi bersama asisten praktikum. Diskusi berupa Tanya-jawab seputar data hasil praktikum dan pengetahuan dasar mengenai sistem organ yang sedang dipraktikumkan. Di akhir diskusi, praktikan diberi tugas membuat laporan praktikum yang dikumpulkan pada praktikum selanjutnya. Laporan praktikum tidak hanya berisi mengenai pengetahuan dasar mengenai sistem organ yang dipraktikumkan dan hasil praktikum saja, tapi juga berisi jawaban-jawaban pertanyaan diskusi yang belum terjawab. Terkadang, bila waktu praktikum tidak cukup untuk diskusi, diskusi dapat dilakukan diluar jam praktikum.

Tertarik-kah? Masih penasaran?? Hahaha.. Sebenarnya masih banyak lagi yang bisa saya ceritakan mengenai praktikum Anatomi dan Fisiologi Manusia II ini. Namun, karena keterbatasan yang ada sharingnya sampai sini dulu saja yaa! Akan menjadi suatu pengalaman yang menyenangkan saat mengalaminya sendiri lohh. Selamat mencoba🙂

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: