Skip to content

Minum Obat? Enaknya Kapan Ya?

11/05/2011

“Pernah minum obat sakit kepala, minumnya abis makan dan sebelum tidur. Bisa juga sih obat diminum sebelum makan, kan ada tuh iklannya yang baru, nggak usah makan dulu nggak apa-apa…” (Mang Dadang, Tukang Jualan Kue Cubit)

“Klo vitamin sih malem sebelum tidur. Kalo obat biasa setelah makan ya paling setengah jam setelah makan. Kalo obat maagh ya sebelum makan biasanya” (Anita, Mahasiswi Astronomi ITB)

”Pernah minum obat dari dokter, diminumnya sehabis makan. Kalo yang sebelum makan nggak tau…” (Syifa, Siswi SMPN 49 Bandung)

“Habis makan, biar perut punya tenaga untuk menyerap obat.” (Arthur, pegawai swasta)

“Obat sakit kepala, biasanya abis makan. Kalo obat-obatan yang bikin ngantuk, diminumnya sebelum tidur, jangan pas mau kerja nanti malah lemes dan ngantuk. Kalau berobat ke dokter, tergantung obatnya, pasti dikasih tahu dulu minumnya kapan, tapi nggak hafal obatnya apa aja…” (Bapak Abdul Jabar, Security Panin Bank, Dago)

“Obat flu biasanya diminum setelah makan, sebelum tidur. Kalo obat maag diminumnya sebelum makan.” (Yuanita, Mahasiswi Fakultas Psikologi UNISBA)

“Jarang minum obat. Paling-paling obat sakit kepala. Minumnya abis makan. Kalo yang diminum setelah makan… No idea…” (Steve, Pegawai Swasta)

“Klo ngerasa sakit, nggak peduli sesudah atau sebelum makan. Tapi diusahain nggak minum obat kalo masih bisa nahan sakit.” (Hega, Mahasiswi Design Interior ITB)

“Biasanya setelah makan, kecuali kalo ada himbauan untuk diminum sebelum makan atau yang lain.” (Yudha, Pegawai Swasta)

“Sesuai aja sama aturan dokter, biasanya sih sesudah makan biar nggak mules, atau secepatnya pas kerasa sakit.”  (Aldo, Mahasiswa Arsitektur ITB)

Minum Obat? Enaknya kapan ya? Tentu saja obat hanya diminum saat sakit dan memang diperlukan pengobatan karena tidak semua keluhan atau tanda-tanda sakit harus ditangani dengan obat. Pada kondisi sakit tahap ringan dan tubuh masih mampu memulihkan keadaan, seharusnya memang belum diperlukan penggunaan obat.

Nah, jika harus minum obat, sebaiknya kapan? Apakah harus selalu setelah makan? Selain harus diminum dalam dosis yang sesuai, aturan minum obat lainnya juga harus diperhatikan, diantaranya waktu yang tepat untuk minum obat. Harus tepat agar obat dapat bekerja sesuai dengan tujuan penggunaannya dan juga meminimalkan efek-efek lain yang tidak diinginkan.

Salah satu obat yang cukup banyak digunakan adalah  penurun panas (antipiretik), pereda nyeri (analgetik), dan pereda radang (antiinflamasi) yang merupakan golongan AINS (Antiinflamasi Non-Steroid) seperti asam mefenamat, ibuprofen, dan lain-lain. Salah satu efek samping dari obat-obat tersebut adalah nyeri lambung karena pengeluaran asam lambung dan juga penurunan sekresi mukus, lapisan pelindung dinding lambung. Oleh karena itu, obat golongan AINS memang seharusnya diminum setelah makan.

Namun, tidak semua obat demikian. Bahkan ada obat yang harus diminum dalam keadaan perut kosong, karena dengan adanya makanan yang mengganggu atau munurunkan penyerapan obat, contohnya kaptopril (obat antihipertensi) dan ciprofloksasin (antibiotik).

Ada juga obat yang harus diminum pada rentang waktu tertentu, misalnya obat antikolesterol (golongan statin) dan kortikosteroid oral. Golongan statin diminum pada malam hari, karena pembentukan kolesterol terjadi pada malam hari. Kortikosteroid sebaiknya diminum pada pagi hari, untuk meminimalkan gangguan pembentukan hormon steroid normal. Selain itu ada juga obat yang dapat berinteraksi dengan obat lain, jadi tidak boleh digunakan bersamaan.

 Masih bingung, kapan dan bagaimana minum obat?

Tergantung obat Anda dan tujuan terapinya. Segera tanyakan pada APOTEKER yang tersebar di apotek, karena apotekerlah yang mengerti kebutuhan Anda tentang informasi obat.

(by: Dewi Nurjanah dan Marina Yudhitia)

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: