Skip to content

Manajemen Mutu, Upgrading Your Quality

17/05/2011

Akhirnya kebagian buat saya sebagai penulis untuk ceritakan mengenai mata kuliah yang jadi pilihan buat saya. Setelah saya timbang menimbang, mata kuliah yang saya pilih untuk dijabarkan di sini adalah kuliah manajemen mutu yang saya dapatkan sewaktu mendapatkan pendidikan apoteker. Kuliah manajemen mutu ini memiliki suatu peranan penting bagaimana seorang apoteker bisa melakukan suatu kegiatan manajemen, atau suatu kegiatan yang bertujuan dalam pengaturan, sehingga mutu yang diharapkan suatu perusahaan menjadi berkualitas. Bisa dibayangkan, dari sistem mutu yang begitu banyaknya jika tanpa manajemen yang baik hanya akan berujung pada akhir “produk baik” atau “produk buruk”. Sedangkan kita seharusnya mengerti bahwa banyak faktor yang dapat mempengaruhi suatu proses pembuatan produk. Bisakah kita memastikan bahwa sistem mutu yang kita terapkan adalah yang terbaik? Apakah produsen merasa bahwa produk telah “baik”? Padahal sebenarnya ada standar mutu yang lebih baik yang bisa dicapai, dan bisa menghasilkan produk dengan nilai mutu yang lebih baik. Ketika produsen menyadarinya, apakah standar mutu yang lama, yang sempat menghasilkan produk yang baik itu masih bisa dikatakan memiliki standar mutu yang baik? Jika dalam kenyataannya produsen bisa memperoleh produk yang lebih baik melalui standar maupun sistem mutu yang lebih baik pula. Menakjubkan, bukan?

Nah, pada kuliah ini, yang kebanyakan adalah seperti suatu mata kuliah yang dapat membuka pandangan mahasiswanya bahwa ada sesuatu yang salah pada saat proses produksi. Pada dasarnya ini adalah mata kuliah yang punya kekerabatan dekat dengan statistik. Well, sebenarnya saya sendiri tidak begitu menyukai statistik. Bermain dengan angka, seperti memakan bubur hambar. Tapi ternyata dalam manajemen mutu ini memberikan suatu pandangan berbeda dari saya. Melalui statistik, mata kuliah ini, kita dapat meraih posisi yang paling dekat dengan kesempurnaan.

Pada dasarnya ada sisi evaluatif dari kuliah ini. Dengan menjabarkan nilai dari suatu produk, contohnya adalah ketika adanya produksi tablet, ditiap produksi per tablet dilakukan pencatatan diameternya. Kesemuanya sesuai dengan standar yang diharapkan oleh perusahaan, misalnya adalah 25-35 mm. Lantas apakah semua produksi tersebut, dari awal hingga akhir terkendali? Belum tentu. Ada aturan sederhana yang dijabarkan sebagai aturan plus-minus 3 sigma. Terdapat dua aturan yang saya soroti di sini, yaitu Nelson rules dan Western-electric rules. Mari kita ambil yang paling sedikit syaratnya, yaitu Western-electric rules. Ada beberapa aturan yang dibuat, sehingga ketika salah satu produksi tablet dalam satu batch memasuki kriteria seperti yang dibawah, maka adanya indikasi kesalahan yang membuat proses tidak terkendali.

Jika dalam data yang didapatkan terdapat pola yang salah satunya sama dengan yang ada di atas, dapat dikategorikan produksi tidak terkendali. Walaupun sebenarnya pada aturan 2-4 semua memenuhi standar perusahaan (25-35 mm), yang biasa disebut dengan common cause. Sedangkan titik merah pada aturan 1 disebut special cause.

Sebenarnya masih banyak terusan dari ilmu ini. Saya menganggap artikel ini sebagai suatu pembuka yang membuat saya bahwa keamanan, efek obat, dan kualitas obat merupakan sesuatu yang tidak dapat dianggap main-main. Ingat, pem-bu-ka. Menakjubkan bukan? Mengingat sebesar apa semuanya dijalankan, dipantau dan dievaluasi sehingga semuanya memberikan KUALITAS, bukan kualitas. Got it?

Masih banyak yang ingin dijabarkan, tapi sayang akan terasa berlebihan jika semuanya diceritakan disini. Just ask Mr. Google.He’ll help you to figure it out.

Ingin rahasia kecil? Semakin sedikit farmasis yang meminati bidang ini, maksud saya, semakin banyak farmasis yang enggan terkait langsung dengan angka dan statistik, semakin langka ilmu ini, semakin spesialis mereka yang mempelajarinya, semakin berbeda dengan orang lain, maka semakin langka, dan coba tebak à minim saingan, seorang spesialis, dibutuhkan dan dapat diaplikasikan di tempat manapun anda bekerja. Go get the JOB!!!


No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: