Skip to content

Si Populer NARKOBA

28/05/2011

Narkoba, narkotika dan obat/bahan berbahaya, tidak salah rasanya jika penulis menjulukinya sebagai si populer. Bagaimana tidak, kabar tentang si populer ini santer diberitakan dan dibahas di media cetak dan media elektronik. Mencari bahasan tentang si populer ini dengan bantuan ‘search engine website’ sekelas Mbah Google juga sangat mudah! Try ‘Narkoba’ as a keyword, then you’ll find almost 15.500.000 hits about it. Belum lagi berita tentang legalisasi ganja [“Ada Apa dengan Marijuana?”] yang masih hangat diingatan kita dan juga kampanye ‘Say No to Drugs’ yang sangat gencar di seluruh dunia. Atas dasar alasan – alasan tersebut, penulis juga ingin mengetahui sejauh mana kepopuleran si narkoba ini di kalangan teman – teman. Nah, inilah beberapa pendapat tentang si populer narkoba tersebut:

Narkoba singkatan dari narkotika dan obat-obatan berbahaya, bisa disebut Napza juga (narkotika, psikotropika, dan zat adiktif). Narkoba bahaya karena bisa menyebabkan ketergantungan. Sebenarnya obat golongan ini biasa dipakai di dunia kesehatan, buat menangani penyakit tertentu atau sebagai anastesi, tapi sama masyarakat sering disalahgunakan –A.F, jobseeker

Narkoba itu jenis zat/tumbuhan/obat-obatan yang bisa menyebabkan kerusakan syaraf dan berakibat pada gangguan otak, psikologi bahkan kematian –Andri Haryono, Pengusaha (LAMBDA Radio)

Narkoba itu parah! Saya misalkan seperti korupsi, semua orang tau korupsi tuh parah kan? Nah, yang bikin lebih parahnya lagi, sekali coba itu bikin ketagihan. Jadi mau gimana lagi, mau ga mau bisa jadi ikutan kebawa. Sama kayak gitu, narkoba bisa diumpamakan seperti itu, efek ketagihannya sama, sekali nyoba susah berhenti. Kalau mau berhenti pun harus ada lingkungan yang kondusif, kalau ga susah banget berhentinya –Gopal, mahasiswa teknik elektro ITB

Sepengetahuan saya, narkoba itu nama salah satu rangkaian jenis obat-obatan terlarang. Terlarang karena memang berbahaya kalo dikonsumsi dalam jumlah berlebihan. Yang bikin jadi terlarang itu kayaknya di dalam obatnya ada zat-zat tertentu yang ga ada di obat-obatan yang dijual bebas di pasaran, harus pakai aturan, dan di bawah orang yang ahli. Narkoba kalau dipakai dalam dosis dan keperluan yang tepat, ga akan berbahaya, malah berguna untuk penghilang rasa sakit, obat bius, obat penenang, dan lain-lain. Tapi kalau berlebihan dan ga di bawah pengawasan, itu yang bikin bahaya, jadi ketagihan, atau sakau –Nana, desainer

Narkoba itu obat-obatan terlarang yang bersifat adiktif dan berbahaya untuk kesehatan kalau dikonsumsi dalam jumlah banyak. Narkoba bisa berbahaya karena penggunaan berlebihan karena mengganggu fungsi kerja tubuh –Yuanda, Karyawan Swasta

Narkotika dan obat-obatan terlarang, selayaknya obat, sebetulnya dia punya fungsi sendiri, tapi berbahaya ketika disalahgunakan, terutama karena dia punya efek adiktif –Andra, Asisten Fakultas SBM

Zat kimia/obat-obatan yang digunakan nggak sesuai peruntukkannnya. Bisa bahaya soalnya kalau sifatnya aja udah bukan sesuai fungsinya (kalau dikonsumsi), berarti pasti bakal ngerusak badan –Ghani, Konsultan

Narkoba itu adalah obat-obatan yang sebenarnya tidak berbahaya bila digunakan sebagaimana mestinya. Narkoba sering digunakan dalam kedokteran dengan tujuan tertentu dan pastinya pada kadar tertentu. Belakangan ini sering terjadi pergeseraan makna Narkoba. Narkoba sering diartikan sebagai obat obatan terlarang yang digunakan sebagai pelampiasan atas berbagai masalah para penggunanya. Efek samping yang paling dominan terjadi adalah kecanduan karena pengguna merasa tenang rileks dan seakan tidak berada pada dunia yang sebenarnya. Pergeseran makna Narkoba sendiri sebenarnya terjadi seiring dengan maraknya penyalahgunaan Narkoba. Bila menggunakan dosis yang tidak wajar, maka narkoba dapat memberikan efek yang sangat negatif, berupa kecanduan. –Prasetyo, Engineer

Narkotik dan obat-obatan terlarang, sepertinya berbahaya karena kalau dikonsumsi bisa mengakibatkan kehilangan kesadaran dan tubuh menjadi kehilangan kontrol, apalagi kalau kecanduan. –Rosa, Mahasiswi magister desain.

Narkoba itu terlarang karena dapat merusak fungsi susunan saraf atau organ tubuh jangka pendek maupun jangka panjang. Bisa berbahaya tergantung dari pemakaian dan penyalahgunaannya. Jangankan narkoba obat biasa atau vitamin pun kalau dosisnya nggak tepat bisa berbahaya kan?  –Gilang, Mahasiswa UNPAD

 Zat kimia yang kalau dipakai berlebihan bisa berbahaya –Abas, Karyawan BUMN

 Bahaya atau gak-nya narkoba tergantung orang yang pake dan fungsinya buat apa. Ada juga narkoba yang sebenarnya digunakan buat penghilang rasa sakit, tapi malah disalahgunakan jadi bisa bikin overdosis dan kematian –Budi, Pengusaha

Tuh kan, benar saja kepopuleran narkoba ini sudah tidak diragukan lagi. Dari pendapat teman – teman yang ditanya oleh tim calon apoteker bercerita, bisa diambil intisari-nya sebagai berikut:

Narkoba merupakan singkatan dari narkotika dan obat berbahaya, berguna jika digunakan pada porsi yang sesuai dan sangat berbahaya jika disalahgunakan. Narkoba ini memiliki efek samping yang paling dikenal yaitu kecanduan.

Dalam penjelasan singkat kali ini, penulis hanya akan menjabarkan apa  saja sih sebenarnya yang dimaksud narkotika itu? Apa pula yang dimaksud obat/bahan yang berbahaya?

Narkotika, berdasarkan undang – undang RI no. 35 tahun 2009, adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, sintetis maupun semi sintetis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri, dan dapat menimbulkan ketergantungan. Narkotika ini dibagi ke dalam 3 golongan, yaitu

  • Narkotika golongan I yang terdiri dari 65 jenis zat, contohnya yang paling dikenal ada heroin, ganja, kokain, opium, dan juga MDMA (nama kerennya pil ecstasy).
  • Narkotika golongan II terdiri dari 86 jenis zat, contohnya yang paling dikenal ada morfin, petidin (demerol, ingat penyebab kematian Raja Pop, Michael Jackson?), dan ada juga metadon.
  • Narkotika golongan III terdiri dari 14 jenis zat, contohnya yang paling dikenal ada kodein dan buprenorfin.

Nah, dari ketiga golongan tersebut, golongan I DILARANG untuk digunakan dalam pelayanan kesehatan, tetapi ada pengecualian untuk penggunaan dalam penelitian (kepentingan IPTEK) dengan syarat harus seizin Menteri Kesehatan dan atas rekomendasi Kepala Badan POM. Sementara itu, golongan II dan III digunakan dalam pelayanan kesehatan dengan persyaratan yang diatur dalam peraturan menteri kesehatan.

Dari penjelasan singkat di atas, jika dihubungkan dengan pendapat dari teman – teman yang menyatakan bahwa narkoba adalah obat – obatan terlarang, hal ini sesuai untuk kasus narkotika golongan I.

Selanjutnya, apa yang dimaksud dengan obat/bahan berbahaya?

Sepemahaman penulis, zat jenis ini sering pula disebut sebagai zat –zat yang rentan disalahgunakan (substance abuse agent), biasanya bersifat psikoaktif, yang didalamnya termasuk juga obat/zat – zat golongan psikotropika. Wah banyak sekali istilahnya ya….

Psikotropika adalah zat atau obat alamiah atau sintetis yang bukan narkotika, berkhasiat psikoaktif melalui pengaruh selektif pada sistem saraf pusat (otak.red) dan dapat menimbulkan perubahan khas pada aktivitas mental dan perilaku. Contoh zat yang termasuk dalam golongan ini adalah senyawa – senyawa golongan benzodiazepine yang paling dikenal ada Diazepam yang biasa digunakan sebagai obat sedatif (tidur.red) atau hipnotik. Selain golongan psikotropika, zat – zat yang bersifat psikoaktif adalah alkohol dan pelarut yang mudah menguap, biasanya berupa toluene atau ether yang digunakan dalam produk tertentu, seperti beberapa jenis lem dan nail polish remover.

Demikianlah penjabaran singkat mengenai narkotika dan obat/bahan berbahaya. Bertambah lagi kan sedikit pengetahuan tentang si populer Narkoba?

Jika ada pertanyaan, masukan, dan lainnya, jangan sungkan menulis comment ya!

by: Dwi Putri & Monika

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: