Skip to content

Anak Indonesia, Generasi Penerus Bangsa

29/05/2011

Rasanya miris jika melihat berita mengenai anak-anak Indonesia yang masih berada dalam status kekurangan gizi. Kasus ini muncul, tidak hanya di daerah – daerah terpencil, namun juga terjadi di kota – kota besar. Tingkat kesejahteraan masyarakat yang tidak merata menjadi faktor utama penyebab anak – anak Indonesia mengalami gizi buruk. Padahal, anak – anak inilah yang akan menjadi generasi penerus bangsa Indonesia nantinya. Oleh sebab itu, pemenuhan gizi yang berimbang sangat penting bagi anak – anak yang sedang berada dalam masa pertumbuhan. Kebutuhan nutrisi yang tercukupi akan mendukung tumbuh kembang anak menjadi optimal, sehingga anak tumbuh sehat dan cerdas.

Sebenarnya, apa saja sih zat – zat yang diperlukan oleh anak – anak?

  1. Protein

Protein sangat diperlukan untuk pertumbuhan, selain juga itu diperlukan untuk pertahanan fungsi tubuh, fungsi pergerakan, dll. Protein sangat mudah diperoleh dari kedelai, kacang, telur, ikan, susu, pisang, dll.

  1. Kalsium

Kekuatan tulang dan gigi sangat dipengaruhi oleh kalsium, sehingga anak – anak yang masih dalam masa pertumbuhan akan sangat memerlukan asupan kalsium yang cukup dari sumber yang baik. Kalsium dapat diperoleh dari susu, brokoli, keju, telur, dll.

  1. Asam Folat

Asam folat berperan penting dalam proses produksi sel darah merah dan pembelahan sel. Kekurangan asam folat dapat menyebabkan timbulnya anemia makrositik. Sumber asam folat berasal dari asparagus, brokoli, kacang polong, buah – buahan, dll.

  1. Zat Besi

Anak – anak sangat membutuhkan zat besi untuk memproduksi hemoglobin. Zat besi dapat ditingkatkan absorbsinya bila dikonsumsi bersama vitamin C, sedangkan absorbsinya akan terhambat jika dikonsumsi bersama sereal yang mengandung serat tinggi. Sumber makanan yang mengandung zat besi antara lain bayam, hati, daging merah, sayur – sayuran, tahu, dll.

  1. Zink

Zink merupakan mineral yang terlibat dalam metabolisme karbohidrat, energi, sintesis, dan transport karbondioksida. Bahan makanan yang mengandung zink antara lain daging kambing, sapi, kepiting, salmon, ayam, dll.

  1. Lemak

Bagi orang dewasa, lemak mungkin menjadi salah satu kandungan dalam makanan yang sangat ditakuti. Tapi bagi anak – anak, lemak sangat dibutuhkan sebagai sumber energi dan juga membantu menyusun membran sel. Walaupun begitu, asupan lemak tetap tidak boleh berlebihan untuk menghindari obesitas. Lemak hewani dapat diperoleh dari daging, sedangkan lemak nabati dapat diperoleh dari kacang, alpukat, biji – bijian, dll.

  1. Vitamin

Vitamin banyak terdapat pada buah – buahan segar dan juga sayuran. Karena vitamin mudah hilang ketika bahan makanan dimasak, maka sebaiknya dapatkan vitamin dari buah – buahan atau sayuran segar atau usahakan mengolah makanan dengan baik agar vitaminnya tidak hilang. Vitamin A yang baik untuk kesehatan mata, dapat diperoleh dari wortel, pepaya, labu, kentang, aprikot, dll. Vitamin B bisa diperoleh dari bahan makanan berupa kacang – kacangan, gandum, beras, dll. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan sebagai antioksidan, vitamin C banyak diperoleh dari jeruk, delima, mangga, kiwi, dll. Dengan mengonsumsi ikan, telur, dan biji – bijian anda dapat memperoleh vitamin D yang baik untuk tulang. Kemudian ada vitamin E yang terkandung di dalam kecambah, ragi, ikan, ayam, dll. Lalu yang terakhir, vitamin K yang berperan dalam proses pembekuan darah, dapat diperoleh dari susu, kuning telur, kangkung, dan lobak.

  1. Karbohidrat

Seperti lemak, karbohidrat juga berfungsi sebagai sumber energi bagi tubuh dan juga sebagai cadangan energi. Karbohidrat sangat mudah didapat, karena umumnya terdapat pada makanan yang dikonsumsi sehari – hari, seperti nasi, kentang, roti, dan jagung.

Zat – zat tersebut hanyalah sebagian contoh dari nutrisi yang diperlukan oleh tubuh yang dapat diperoleh dari mengonsumsi berbagai sumber makanan yang kaya nutrisi. Penting untuk diingat : Makanan sehat TIDAK harus mahal! Banyak sumber makanan yang kaya nutrisi namun tidak terlalu mahal. Kenali sumber bahan makanan dan nutrisi yang terkandung di dalamnya agar dapat mencari alternatif untuk menyesuaikan dengan selera anak.

Anak – anak Indonesia merupakan generasi penerus bangsa yang sangat berharga. Memenuhi kebutuhan nutrisi mereka akan menunjang tumbuh kembangnya yang optimal. Sehingga bangsa ini akan memiliki penerus yang semakin unggul. Oleh karena itu, perhatikanlah asupan anak agar memperoleh asupan nutrisi yang optimal.

Tumbuh sehat dan cerdas, anak Indonesia bisa!

Referensi:

http://www.juicing-for-health.com/kids-nutritional-needs.html

http://www.bbc.co.uk/health/treatments/healthy_living/nutrition/life_children.shtml

http://www.bcm.edu/cnrc/consumer/archives/percentDV.htm

http://www.kidsandnutrition.co.uk/YourToddlersNutritionalNeeds.html

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: