Skip to content

Jangan Sembarangan “Huaciiimm!” !

08/06/2011

“Huacimm! Huacimm!”

Tidak asing kan mendengar suara itu? Yapp..bersin! Bersin tidak semuanya berbahaya loh karena secara umum bersin terjadi sebagai suatu reaksi tubuh terhadap perubahan lingkungan. Bersin menjadi berbahaya bila timbul sebagai gejala penyakit infeksi virus, yang disebut dengan influenza. Mau tahu kenapa berbahaya? Ayo kita coba sharing yaa!

Dimulai dengan, apa sih influenza itu?

Influenza atau masyarakat lebih sering mengenal dengan sebutan ‘flu’ merupakan suatu penyakit berupa infeksi virus yang terutama menyerang bagian hidung, tenggorokan, dan juga bronkus. Tidak menutup kemungkinan, virus influenza juga dapat menyerang bagian paru-paru. Virus influenza ini mudah ditularkan, baik melalui droplet ataupun partikel kecil yang diproduksi oleh seseorang yang menderita flu. Orang yang telah tertular akan mengalami infeksi yang dapat berlangsung selama sekitar tiga hingga tujuh hari, ditandai dengan gejala berupa demam tinggi, sakit otot, sakit kepala, tidak enak badan, batuk kering, sakit tenggorokan, rhinitis dan bersin. Gejala berupa mual, muntah dan infeksi pada telinga bagian tengah juga sering dialami oleh penderita flu anak.

Kebanyakan orang yang terinfeksi akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu satu hingga dua minggu tanpa memerlukan perawatan medis. Namun, terkadang infeksi dapat mengakibatkan komplikasi, pneumonia, bahkan kematian. Jangan salah, ternyata flu merupakan salah satu penyakit infeksi oleh virus yang mempunyai tingkat mortalitas dan hospitalisasi rentang usia muda hingga tua berusia 65 tahun yang cukup tinggi loh! Oleh sebab itu, jangan menyepelekan si flu ini ya, kawan!😉

Lalu, apa yang dapat kita lakukan untuk mencegah terinfeksi flu?

Upaya pencegahan flu yang utama adalah dengan vaksinasi, yaitu memasukkan komponen virus yang bersifat antigenik, yang dapat merangsang sistem kekebalan tubuh melalui pembentukan antibodi, ke dalam tubuh. Vaksinasi terhadap virus flu diberikan pada orang yang beresiko tinggi terkena flu, seperti :

  • Anak berusia 6 hingga 59 bulan
  • Wanita hamil
  • Orang dewasa berusia lebih dari 50 tahun
  • Anak berusia 6 bulan hingga 18 tahun yang menerima terapi aspirin jangka panjang
  • Pasien penyakit paru-paru kronis termasuk asma ataupun penyakit kardiovaskular (tidak termasuk penderita hipertensi)
  • Pasien yang menjalani terapi ataupun dirawat di rumah sakit karena penyakit metabolisme kronis (seperti diabetes, disfungsi ginjal, hemoglobinopathies, dll), penyakit imunodefisiensi, penyakit HIV, ataupun pasien yang mengkonsumsi obat imunosupressan.
  • Orang yang beresiko mengalami gangguan pernapasan (misalnya saja pasien epilepsi, pasien dengan cedera tulang belakang, dll)
  • Pasien yang mengalami terapi kesehatan jangka panjang
  • Orang yang tinggal ataupun merawat pasien flu
  • Orang yang hendak bepergian ke daerah dengan prevalensi flu tinggi

Tindakan vaksinasi juga dapat disertai dengan tindakan pengontrolan infeksi seperti menjaga kebersihan tangan, etika pernapasan dasar (misalnya saja menutup hidung saat bersin, ataupun membuang tisu yang telah dipakai pada tempatnya) serta mencegah kontak langsung dengan penderita.

Bagaimana bila kita terinfeksi flu?

Dengan cukup istirahat, meringankan aktivitas sehari-hari, banyak minum, minum teh hangat maupun makan kuah sup hangat dapat membantu meringankan gejala flu.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, flu dapat sembuh dengan sendirinya tanpa memerlukan perawatan medis. Namun, apabila gejala flu semakin parah dapat segera dikonsultasikan ke dokter yaa, kawan.

See..bersin karena flu dapat berbahaya, selain dapat merugikan diri sendiri juga dapat membuat orang lain ikut terinfeksi. Namun, jangan takut..dengan upaya pencegahan maupun upaya pengobatan yang optimal, flu menjadi suatu hal yang tidak perlu ditakuti.

 

 

Daftar pustaka :

Pharmacoteraphy Handbook 7th edition hal.450-455

Pharmacoteraphy, A Pathophysiologic Approach 7th edition hal.1791-1800

http://www.cdc.gov

http://www.who.int/en/

 

 

 

 

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: