Skip to content

Cara Membuang Obat dengan Tepat dan Aman

09/06/2011

Mungkin sebagian besar dari kita memiliki obat-obatan yang sudah tidak terpakai lagi atau obat yang sudah kadaluarsa di lemari obat kita. Lalu apa yang harus kita lakukan terhadap obat-obatan tersebut? Dibuang ke tempat sampah? Dihanyutkan ke dalam toilet atau saluran air? Apakah ada cara khusus membuang obat-obat tersebut dengan aman dan tepat? Sebelum kita bahas, mari kita lihat dulu beberapa pendapat dari teman-teman. Check it out!

“Saya buang sama kemasannya langsung ke tempat sampah.” (Indra Faisal, Mahasiswa Fakultas Ekonomi UI)

“Hmm, biasanya dibuang ke tempat sampah. Itu juga setelah lama tahu ternyata obatnya udah lama expired. Hehe.” (Eric, Pegawai Tetap Bank Mandiri)

“Langsung buang aja. Biasanya satu plastik gitu terus langsung dibuang aja beserta kemasannya.” (Chika Siahaan, Mahasiswi Teknik Planologi ITB)

“Dibuang sama kemasannya langsung.” (Amalda, Pegawai Swasta)

Just threw them out. Kadang-kadang obatnya dibuang walaupun masih bisa dipake sebenernya.” (Teguh Cipta Pramudia, Mahasiswa Ilmu Komputer IPB)

“Biasanya pembantu gue yang buang. Obatnya dikeluarin dari kemasannya terus obatnya dikubur di dalam tanah. Siapa tahu berubah jadi duit.” (Nikko Indra Wirawan, Mahasiswa Akuntansi UI)

“Buang aja ke tong sampah sama kemasannya juga.” (Wulandari, Staff CIMB Niaga)

“Gak ada cara khusus sih, biasanya langsung buang aja kayak sampah biasa ke tempat sampah. Kalo bentuknya sirup, biasanya dibuang barengan sama botolnya juga. Tapi kalau bentuknya tablet atau kapsul, kebanyakan dikeluarin dulu dari kemasannya.” (Rizki PS, Pegawai Tetap Telkom)

“Biasanya langsung buang. Tapi kadang juga diancurin dulu atau kalau cairan dikeluarin dulu dari botolnya.” (Fanny Azzuhra, Pegawai Kementerian Perindustrian dan Perdagangan)

“Obat yang gak bisa dipakai lagi biasanya dibuang ke tempat sampah sama bungkusnya juga.”  (Fera Farwah, Mahasiswi Teknik Arsitektur UI)

Seperti yang kita ketahui, obat mengandung zat-zat kimia tertentu. Pembuangan obat yang tidak tepat justru dapat membahayakan, tidak hanya bagi manusia tetapi juga bagi lingkungan sekitar kita. Banyak zat seperti estrogen sintetis yang digunakan dalam terapi hormon dapat mengganggu sistem endokrin sehingga dapat mengganggu atau memodifikasi proses-proses hormonal di dalam tubuh. Obat penenang dapat mempengaruhi atau mengubah aktivitas sistem saraf pusat. Sementara pembuangan antibiotik yang sembarangan dapat menyebabkan berkembangnya bakteri yang resisten antibiotik. Pembuangan obat ke saluran air dapat membahayakan ikan, katak, dan mengganggu ekosistem perairan karena obat masih dapat ditemukan di perairan meskipun dalam konsentrasi rendah.

Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk membuang obat dengan tepat dan aman:

  1. Pertama-tama, lihat instruksi pembuangan yang dianjurkan untuk obat tersebut. Obat-obatan tertentu ada yang disarankan untuk dibuang ke toilet. Hal tersebut merupakan hasil pertimbangan antara Badan pengawas Obat dengan pabrik pembuat obat. Metode ini dipilih dengan pertimbangan bahwa metode tersebut dianggap metode yang paling tepat dengan tingkat keamanan yang paling optimal. Contohnya pada obat golongan narkotik tempel (patch/koyo) disarankan pembuangan di toilet. Baik koyo bekas pakai ataupun tidak terpakai, karena obat ini bila terlalu banyak dapat mengakibatkan gangguan pernapasan berat dan dapat mengakibatkan kematian pada bayi, anak, hewan atau orang dewasa terutama pada orang yang belum pernah menggunakan obat tersebut. Koyo tersebut walaupun setelah dipakai masih mengandung kandungan aktif obat, sehingga berbahaya bila dibuang di tempat sampah karena masih mengandung golongan narkotik yang berpotensi membahayakan orang lain.
  2. Jika instruksi tidak diberikan, obat dapat dibuang ke tempat sampah. Namun, sebelum membuang ke tempat sampah, ada beberapa hal yang harus dilakukan, yaitu antara lain:
  • Hilangkan informasi seputar obat dan keluarkan obat dari kemasan aslinya. Hal ini akan melindungi identitas dan privasi mengenai keadaan kesehatan kita. Selain itu, hal tersebut juga berguna untuk menghindari terjadinya penyalahgunaan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab (misalnya penjualan kembali obat-obatan tersebut setelah dikumpulkan oleh pemulung). Hal yang bisa dilakukan misalnya dengan mengeluarkan tablet atau kapsul dari strip atau blisternya (lebih baik bila obat juga dihancurkan), dan jika obat berupa sirup atau cairan, keluarkan dari botolnya.
  • Campur obat-obat tersebut dengan air, garam, kotoran, pasir, ampas kopi, atau bahan-bahan lain yang tidak diinginkan. Hal ini untuk menghindari terjadinya pengambilan obat oleh orang lain (misalnya pemulung), anak kecil, hewan, dan sebagainya.
  • Taruh semua obat tersebut dalam wadah tertutup, misalnya dalam kantung plastik atau wadah lainnya yang ditutup rapat dan disegel dengan kuat. Hal ini dilakukan untuk mencegah obat tersebut bocor atau keluar dari kantong sampah. Selain itu juga untuh mencegah terjadinya penyalahgunaan.
  • Masukkan kemasan obat seperti botol yang sudah tidak terpakai dan sudah dihilangkan semua informasinya ke dalam wadah yang tertutup (tidak tembus pandang), seperti trash bag, lalu tutup dengan rapat dan disegel dengan kuat. Untuk kemasan seperti strip dan blister, sebaiknya kemasan dirusak terlebih dahulu dengan cara merobek atau menggunting-guntingnya sebelum dimasukkan ke kantong sampah. Lagi-lagi hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya penyalahgunaan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.
  • Buang ke tempat sampah.

Bagaimana? Sudah tidak bingung lagi kan bagaimana caranya membuang obat yang sudah tidak terpakai?

(By: Rika & Diha)

Pustaka:

http://www.fda.gov/forconsumers/consumerupdates/ucm101653.htm

http://drugs.about.com/od/howtouseyourmedications/a/drud_disposal.htm

http://www.dep.state.fl.us/waste/categories/medications/default.htm

http://www.wisegeek.com/how-do-i-dispose-of-expired-medicine.htm

http://www.ehow.co.uk/how_2291803_dispose-expired-medications.html

http://www.whitehousedrugpolicy.gov/publications/pdf/prescrip_disposal.pdf

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: