Skip to content

Kuliah Apoteker Ada Praktikumnya?

13/06/2011

Praktikum.
Identiknya pasti sama laboratorium. Ya nggak? Terutama waktu dulu di pendidikan Sarjana Farmasi.

Terus, di kuliah Apoteker, ada praktikumnya juga nggak sih?
Jelas ada dong.

Tapi, kalau dulu di tingkat Sarjana, praktikum-praktikum yang ada udah jadi satu paket sama mata kuliahnya. Misalnya, Anatomi Fisiologi Manusia II 4 SKS, ini berarti 3 SKS nya kuliah, 1 SKS nya praktikum. Kalau di tingkat pendidikan Apoteker, ’praktikum’nya terpisah dari mata kuliah dan punya beban SKS sendiri. Berapa? Nggak lebih, nggak kurang. Total 8 SKS saja. Hehe..

Praktikum apa aja sih?
’Praktikum’ di tingkat pendidikan Apoteker biasa disebut PKPA atau kepanjangannya Praktek Kerja Profesi Apoteker. Dan secara di kampus saya nggak ada tuh yang namanya KP pas S1, jadilah PKPA ini sering juga disebut KP.

PKPA ngapain aja?
Seperti kebanyakan KP pada umumnya, masing-masing mahasiswa akan ditempatkan di beberapa ’lahan’ praktik kefarmasian, mencakup Apotek, Rumah Sakit, Industri Farmasi, dan Pemerintahan. Berdasarkan kebijakan kampus, 1 SKS PKPA = 1 minggu kerja. Jadi, 8 SKS total sama dengan 8 minggu lamanya para mahasiswa Apoteker berlatih terjun langsung bekerja di lapangan.

Kenapa jauh lebih banyak daripada SKS di praktikum sarjana?
Menurut saya sih, karena calon-calon Apoteker memang lebih membutuhkan praktek bekerja yang lebih banyak dibandingkan hanya mendengarkan teori di bangku kuliah. Seperti statement yang sering banget dikumandangkan : ”Ilmu di bangku kuliah mah cuma sedikit. Kalau mau belajar banyak ya dari lapangan…”

Selain itu, hal esensial yang saya tangkap dari adanya PKPA dan perbedaannya dengan praktikum jaman S1 adalah bahwa kita melakukan praktek bukan dengan disuapi satu-persatu mata kuliah yang sama (seperti contoh di atas), tetapi kita melakukan praktek dalam suatu lingkup pekerjaan kefarmasian yang menuntut kita agar bisa mengolah dan mengintegrasikan sendiri ilmu-ilmu yang sudah didapatkan di bangku kuliah, yang harus diaplikasikan di lapangan.
Contohnya :
Si A mau PKPA di Apotek. Harus tau dulu dasar pembacaan resep, analisis resep, dasar pemilihan obat untuk penyakit pasien yang datang ke apotek, izin pendirian apotek, juga tentang manajemen apotek. Berarti ilmu apa sajakah yang akan terpakai? Sebutlah ilmu-ilmu dari mata kuliah Farmakoterapi, Integrated Dispensing, Ilmu Komunikasi, Undang-Undang, dan Manajemen Farmasi. Semua itu akan saling berkaitan satu sama lain.

Dari beberapa kali pengalaman PKPA, baik yang udah lewat maupun yang saat ini lagi saya jalani, terkadang bisa juga ditarik satu kesimpulan yang sebetulnya agak-agak bikin geli, illiterally. Yaitu kenyataan yang dihadapi saat di lapangan ternyata seringkali berbeda atau bahkan menyimpang dari teori-teori ideal yang dipaparkan saat kuliah. Semua diserahkan kembali pada sudut pandang masing-masing. Idealnya memang begini-begitu. Tapi, pada kenyataannya terkadang muncul penyesuaian-penyesuaian dengan kondisi di lapangan. Lantas, itu salah atau betul? Hmm… Nggak bisa nge-judge juga sih. Mungkin suatu hari nanti saya bisa mendapatkan jawabannya. Nanti, saat gelar Apoteker itu udah di tangan, dan lapangan pekerjaan menanti di depan mata. Lantas, mau pilih pekerjaan yang mana nantinya? Inilah juga alasan lain diadakannya PKPA, untuk memberi gambaran pekerjaan apoteker seperti apa di dunia luar. Masing-masing pekerjaan pasti ada enaknya, ada juga enggaknya. Tinggal kami, para calon apoteker yang memutuskan sendiri, mau kerja dimana nanti kalau udah lulus.

Saya?
Hmm…
Rahasia…😉

One Comment leave one →
  1. indah fitriani permalink
    19/02/2015 3:16 pm

    kak, sarjana farmasi itu beda y dg apoteker?
    apa disebut apoteker kalau sdh lulus profesi ya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: