Skip to content

Do You Know What Drug Is?

18/06/2011

“Apa yang kamu ketahui tentang obat?”

“Saya tidak terlalu tahu tentang obat, tapi sepanjang yang saya tahu obat digunakan untuk menyembuhkan penyakit ataupun mengatasi rasa sakit” (Putri, Pegawai Swasta)

“Obat itu sesuatu yang dipakai atau dikonsumsi untuk menyembuhkan, mengurangi ataupun mencegah penyakit” (Pipien, Mahasiswi)

“Obat berasal dari tumbuhan, hewan, mineral atau zat kimia yang digunakan sebagai penghambat atau penghilang rasa sakit, dan untuk menyembuhkan rasa sakit” (April, Pegawai Swasta)

“Obat adalah zat kimia ataupun bahan alam untuk menyembuhkan penyakit, digunakan sesuai dengan bentuk dan fungsinya untuk menyembuhkan penyakit tertentu” (Marisa, Pegawai Swasta)

“Obat itu yang sering dipakai untuk menyembuhkan penyakit, bisa dibeli sendiri ataupun harus ke dokter dahulu”(Titin, Pembantu Rumah Tangga)

“Obat biasa dipakai untuk menyembuhkan penyakit, sembuhnya bisa cepet ataupun lama kadang bahkan harus ganti obat karena tidak cocok” (Ipah, Penjaga Kosan atau Ibu Rumah Tangga)

“Obat adalah sesuatu yang digunakan untuk pencegahan maupun penyembuhan penyakit, dapat dibeli melalui resep dokter ataupun juga dibeli bebas di apotek ataupun di swalayan dan warung”(Rio, Wirausahawan)

“Obat diminum kalau sakit, berasa manis tapi ada juga yang pahit, ada yang berbentuk sirup, puyer ataupun tablet” (Cecep, Pelajar SD)

“Obat adalah salah satu media perantara yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit” (Hanny, Psikolog)

“Obat adalah sesuatu yang digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah dan menyembuhkan penyakit” (Pegawai Apotek)

Dewasa ini, obat-obatan dapat ditemukan dimana-mana dan hampir semua orang menggunakannya. Akan tetapi, kebanyakan masyarakat pada umumnya hanya tahu obat digunakan untuk mencegah penyakit atau menyembuhkan penyakit saja atau sekedar tahu bagaimana bentuk sediaannya saja (tablet, sirup, dan lain lain). Masyarakat belum mengetahui siapa obat, bagaimana obat bekerja dalam tubuh, ataupun seperti apa bentuknya. Yuk kita kenalan dulu sama pahlawan kita yang menyelamatkan kita ketika sakit. Kan ada pepatah yang mengatakan “Tak kenal maka tak sayang”.

So here we go.

 

What is drug?

Ernst Mutschler menyatakan bahan obat merupakan zat aktif yang dapat berfungsi untuk mencegah, meringankan, menyembuhkan atau mengenali penyakit. Berdasarkan pengertian umum, obat dapat didefinisikan sebagai bahan yang menyebabkan perubahan dalam fungsi biologis melalui proses kimia.  Jadi, di dalam tubuh kita terdapat suatu molekul khusus yang dapat berikatan secara spesifik dengan molekul obat. molekul khusus dari tubuh manusia itu disebut reseptor.

Where do drugs come from?

Obat dapat berasal dari hasil sintesis tubuh misalnya hormon atau bahan-bahan kimia yang tidak disintesis dalam tubuh, yaitu xenobiotik. Xenobiotik berasal dari bahasa Yunani terdiri dari xenos dan biotik. Xenos means stranger and biotic means living beings.

How do drugs work?

Ketika obat masuk ke dalam tubuh (dengan cara ditelan, dihirup, dioles, ataupun disuntik), obat kemudian beredar bersama aliran darah dan ditransportasikan ke beberapa bagian tubuh tertentu, misalnya otak. Obat dapat bersifat membantu ataupun membahayakan pengguna. Efek obat dapat bermacam-macam tergantung pada tipe obat yang digunakan, berapa banyak yang digunakan, seberapa sering digunakan, seberapa cepat obat tersebut sampai di otak, dan interaksi yang terjadi antara obat tersebut dengan obat lain atau dengan makanan ataupun substansi lainnya ketika digunakan secara bersamaan dalam satu waktu. Efek obat juga bergantung pada ukuran, bentuk, maupun sifat kimia molekul obat.

Obat bekerja pada tubuh dengan melalui beberapa mekanisme yang berbeda. Bisa secara kimia, fisika, melalui proses metabolisme, maupun secara kompetisi (misalnya reseptor-reseptor).

Secara fisika, misalnya obat pencahar osmotic (for instance, magnesium dan natrium sulfat) lambat sekali direasorpsi usus dan dengan proses osmosi menarik air dari sekitarnya. Isi usus bertambah besar dan dengan hal ini yang menyebabkan timbulnya rangsangan mekanis atas dinding usus untuk mengeluarkan isinya.

Secara kimiawi, misalnya antasida (aluminium dan magnesium contohnya) dapat mengikat asam lambung yang berlebihan dengan reaksi netralisasi kmiawi.

Dengan proses metabolisme, misalnya antibiotik mengganggu pembentukan dinding sel bakteri, sintesis protein atau metabolisme asam nukleat, mencegah pembelahan sel inti bakteri.

Secara kompetisi, misalnya reseptor – reseptor atau enzim – enzim. Agar berinteraksi secara kmiawi dengan reseptor, molekul obat harus memiliki ukuran, muatan listrik, bentuk, dan struktur atom yang tepat. Contoh obat yang bekerja melalui mekanisme reseptor – reseptor adalah obat golongan benzodiazepine.

Penjelasan mengenai mekanisme kerja obat sangat panjang, kami akan bahas di artikel selanjutnya ya!

How’s the physical nature of drugs?

Drugs may be solid at room temperature (for instance: aspirin, atropine), liquid (for instance: nicotine, ethanol), or gaseous (for instance: nitrous oxide). Hal ini yang menentukan bagaimana bentuk sediaan obat yang tepat dan sesuai dengan penggunaan dan fungsinya.  Contohnya, ada beberapa obat cair yang mudah menguap dan dapat dihirup dalam bentuk tersebut, misalnya: halothane.

Anyway, thanks to medical and drug research, there are thousands of drugs that help people. Antibiotik dan vaksin telah mengalami perkembangan dalam menangani infeksi. Ditemukan banyak obat yang dapat menurunkan tekanan darah, mengatasi diabetes, mencegah terjadi alergi, dan lain-lain. Obat dapat menyembuhkan, memperlambat, atau mencegah penyakit, membantu kita menuju kehidupan yang lebih sehat dan lebih bahagia. But there are also lots of illegal, harmful drugs that people take to help them feel good or have a good time.

Referensi:

Muschler, E., 1991, Dinamika Obat ed 5, Bandung: Penerbit ITB.

Katzung, B,G., 2001, Farmakologi Dasar dan Klinik, Penerjemah dan editor bagian Farmakologi FK UNAIR, Penerbit Salemba Medika

By: Diha Madihah & Citra Permata Sari

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: