Skip to content

Apa itu Obat Bahan Alam?

22/06/2011

Hmm..kira-kira bagaimana ya persepsi teman-teman kita tentang si Obat Bahan Alam itu? Yuk kita simak pendapat teman-teman kita berikut ini😉

“Ada  2 macam, secara tradisional untuk preventif dan modern untuk pengobatan. Tetapi yang berbahaya adalah yang tradisional karena tidak jelas kandungan dan dosisnya, contoh jamu gendong. Yang modern sudah dilakukan penelitian dan kaji ilmiahnya biar pasien aman apabila mengonsumsi obat tersebut.” (Sukisnarso, 55 tahun, POLRI)

“Obat yang dibuat dari tanaman yang ada di alam” (Andy Yahya, 23 tahun, Mahasiswa Magister Rekayasa Pertambangan ITB)

“Taunya dan yang paling kebayang adalah jamu dan obat-obatan lain yang dibuat dari bahan alami dan bukan dari bahan kimia” (Rhea Pramudita, 22 tahun, Pegawai Swasta)

“Dari alam. Lebih ramah dengan tubuh daripada obat biasa soalnya ga pake pengawet atau bahan kimia yang bisa ngendap di badan. Ya ngga ya?” (Ahmad Rofi Irsyad, Mahasiswa Teknik Mesin ITB)

“Obat yang dibuat dari bahan-bahan alam, tidak mengandung zat kimia sintetis.. contohnya jamu” (Dian Eko Wahyudi, 28 tahun, Pegawai Swasta)

“Aman dikonsumsi, hasil obatnya enak di badan, mungkin efeknya baru terasa lama setelah minum, tapi di badan seger n ga ada efek samping. Gimana-gimana kalo udah sakit parah kebanyakan dokter menyarankan kembali ke obat alami karena obat biasa bikin sakitnya lebih parah. Apa lagi? Hehe” (Padi Puspitasari, 18 tahun, Alumni SMA)

“Semua obat = obat bahan alam” (Aditya Anggabuana, 22 tahun, Sarjana Teknik Mesin)

“Obat yang menggunakan bahan dasar alami, tanpa bahan kimia” (Tri Mei W, Mahasiswa Biologi)

“Obat yang dibuat secara tradisional dan dari bahan-bahan alami. Contohnya jamu.” (Apries Mandalika, 23 tahun, Pegawai Swasta)

“Obat yg dari alam.. ya kaya jahe buat batuk.. daun pepaya buat malaria.. kayak gitu kali ya.. hehe” (Gammarya R.A., 22 tahun, Mahasiswa Teknik Sipil UNS)

“Obat alam bagus dikonsumsi soalnya efek samping lebih kecil, dosisnya ga terlalu tinggi tapi khasiatnya lebih cepat biasanya dan lebih murah.. he3x” (Sabrina Valentina, 22 tahun, Konsultan Bidang Teknik Fisika)

Hmm..dari pendapat teman-teman kita di atas, hampir semua telah mengerti dengan apa yang dimaksud dengan Obat Bahan Alam (OBA). Untuk lebih pahamnya lagi, yuk kita kenalan dulu sama si Obat Bahan Alam ini!😉

Apa sih OBA itu?

Menurut Peraturan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia no.HK.00.05.41.1384, Obat Bahan Alam (OBA) a.k.a Obat Tradisional adalah bahan atau ramuan bahan yang berupa bahan tumbuhan, bahan hewan, bahan mineral, sediaan sarian (galenik) atau campuran dari bahan tersebut, yang secara turun temurun telah digunakan untuk pengobatan berdasarkan pengalaman.  Sediaan sarian (galenik) itu sendiri merupakan hasil ekstraksi atau penyarian bahan tumbuhan dan hewan.

Obat tradisional terbagi lagi menjadi 3 jenis, yaitu:

  1. a.       Jamu

 

Jamu adalah obat tradisional yang disediakan secara tradisional, tersedia dalam bentuk seduhan, pil maupun larutan. Pada umumnya, jamu dibuat berdasarkan resep turun temurun. Jamu harus memenuhi beberapa kriteria, yaitu:

  • Aman
  • Klaim khasiat berdasarkan data empiris (pengalaman)
  • Memenuhi persyaratan mutu yang berlaku

Untuk lebih jelasnya, dapat dibaca di (https://apotekerbercerita.wordpress.com/2011/04/22/cerita-si-jamu/)

  1. b.      Obat Herbal Terstandar (OHT)

 

Obat Herbal Terstandar (OHT) adalah obat tradisional yang berasal dari ekstrak bahan tumbuhan, hewan maupun mineral. Dalam proses pembuatannya, OHT memerlukan peralatan yang lebih kompleks dan berharga mahal serta memerlukan tenaga kerja dengan pengetahuan dan keterampilan pembuatan ekstrak. Perlu dilakukan uji pra-klinik untuk pembuktian ilmiah mengenai standar kandungan bahan yang berkhasiat, standar pembuatan ekstrak tanaman obat, standar pembuatan obat yang higienis dan uji toksisitas akut maupun kronis.

Beberapa kriteria OHT, yaitu:

  • Aman
  • Klaim khasiat secara ilmiah, melalui uji pra-klinik
  • Memenuhi persyaratan mutu yang berlaku
  • Telah dilakukan standardisasi terhadap bahan baku yang digunakan dalam produk jadi.

Di Indonesia sendiri, telah beredar 17 produk OHT, seperti : diapet®, lelap®, kiranti®, dll.

  1. c.       Fitofarmaka

Fitofarmaka merupakan jenis obat tradisional yang dapat disejajarkan dengan obat modern karena proses pembuatannya yang telah terstandar dan khasiatnya telah dibuktikan melalui uji klinis. Beberapa kriteria fitofarmaka, yaitu:

  • Aman
  • Klaim khasiat secara ilmiah, melalui uji pra-klinik dan klinik
  • Memenuhi persyaratan mutu yang berlaku
  • Telah dilakukan standardisasi bahan baku yang digunakan dalam produk jadi

Untuk lebih jelasnya, dapat dibaca di (https://apotekerbercerita.wordpress.com/2011/06/07/fitofarmaka-indonesia-apa-saja-ya/)

Yang perlu diperhatikan saat mengkonsumsi OBA

Ada pun yang harus diperhatikan saat mengkonsumsi Obat Bahan Alam, antara lain:

  • Pastikan obat terdaftar di BPOM, untuk menjamin kualitas dan keamanan obat
  • Bila sedang dalam pengobatan tertentu, konsultasikan terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi OBA untuk menghindari terjadinya interaksi obat yang merugikan
  • Bila akan menjalani operasi, beritahu dokter anda mengenai OBA yang sedang dikonsumsi
  • Untuk ibu hamil dan menyusui, pilih OBA yang aman untuk dikonsumsi. Dapat dilihat dari kemasan atau mengkonsultasikan pada apoteker maupun dokter
  • Pengkonsumsian pada anak di bawah usia 18 tahun ataupun orang tua di atas 65 tahun memerlukan pengawasan dokter

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan, OBA bukan merupakan obat tanpa efek samping, oleh sebab itu pemantauan efek samping yang terjadi tetap diperlukan yaa kawan😉

Sekilas cerita kita tentang si OBA..jika masih ada yang ingin ditanyakan, jangan sungkan untuk menanyakannya pada apoteker terdekat yaa!😉

Daftar pustaka :

http://www.pom.go.id

Peraturan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia no.HK.00.05.41.1384

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: