Skip to content

Menelusuri Kesehatan Masyarakat di Kuliah Epidemiologi

23/06/2011

Saya mendapat kuliah ini sebagai mata kuliah wajib saat semester 5. Mungkin belum banyak yang mendalami dan belum banyak yang ngeh tentang subjek Epidemiologi di kuliah Farmasi. Beruntung saya yang mengambil jurusan Farmasi Klinik dan Komunitas bisa sempat mencicipi ilmu ini. Mata kuliah ini dibutuhkan sebagai salah satu implementasi dari konsep farmasi komunitas dalam kesehatan masyarakat.

Kita telusuri dulu yuk, apa sih yang dipelajari di mata kuliah Epidemiologi dan Kesehatan Masyarakat ini?

Definisi kontemporer dari Epidemiologi menurut Last (2001) adalah studi tentang distribusi dan determinan dari kondisi yang berkaitan dengan kesehatan pada suatu populasi tertentu, dan penerapan studi ini untuk mengontrol masalah-masalah kesehatan. Jadi, studi ini menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengen endemik atau penyakit yang berkembang di masyarakat kemudian menentukan penyelesaian, pencegahan, dan proyeksi ke depan terhadap masalah tersebut.

Dalam mata kuliah ini, kami belajar mengenai endemik suatu penyakit dan mengaitkan kasus yang terjadi dengan suatu paparan atau faktor tertentu. Untuk mengetahui paparan suatu penyakit dalam suatu populasi, kita harus mengetahui angka terjadinya kasus. Perhitungan kasus dapat diperoleh melalui perhitungan prevalensi dan insidensi.

Perhitungan prevalensi: Mencatat jumlahnya pada suatu waktu tertentu.

Perhitungan Insidensi: Mencatat jumlah serangan penyakit yang muncul selama periode waktu tertentu

Di samping mempelajari kasus terjadinya penyakit atau endemi, di kuliah ini juga dipelajari mengenai dimana dan bagaimana penyakit tersebut dapat menyebar. Dari pertanyaan tersebut ditelusuri juga data mengenai jumlah penderita dari suatu jenis penyakit, jenis kelamin, lokasi penderita tinggal, serta penyebab penyebaran penyakit tersebut.

Yang paling saya ingat mengengai epidemiologi dari saat kuliah pertama adalah mengenai Segitiga Epidemiologi (The Epidemiologic Triangle) yang melibatkan konsep kausalitas antara 3 komponen, yaitu host (tuan rumah), agen, dan lingkungan. Segitiga epidemiologi ini umum digunakan oleh para ahli dalam menjelasakan konsep berbagai permasalahan kesehatan, termasuk terjadinya penyakit. Hal ini sangat komprehensif dalam memprediksi suatu penyakit. Terjadinya suatu penyakit sangat bergantung dari keseimbangan dan interaksi ke tiganya. Penyakit dapat terjadi karena adanya ketidak seimbangan antar ketiga komponen tersebut.

Hal ini sesuai dengan perkembangan penyakit sekarang ini. Pada abad 20 an terjadi pola perubahan penyakit, sebelumnya penyakit yang banyak menjangkiti masyarakat adalah penyakit menular, seperti infeksi bakteri. Kemudian ketika kausus ini mulai dapat diatasi, muncullah penyakit tidak menular yang unsur dan faktor penyebabnya sangat berkaitan erat dengan fisiologi tubuh, mutasi, dan sifat resistensi tubuh, dan pada umumnya terdiri dari berbagai faktor yang saling bertalian. Maka kemudian faktor penyebab penyakit selalu berhubungan denga ketiga unsur tersebut.

Terus kenapa ya kok farmasis harus belajar ini?

Farmasis sebagai salah satu tenaga kesehatan, juga harus berperan dalam peningkatan kesehatan masyarakat. Farmasis seharusnya dapat membantu mewujudkan layanan kesehatan bagi sesama profesi kesehatan lainnya (dokter dan perawat), dan terutama untuk masyarakat. Tentunya, kita juga harus selalu update mengenai terjadinya suatu penyakit, penyebaran penyakit, dan kasus-kasus kesehatan agar tetap dapat mengikuti alur terapi dan penanganannya, bahkan lebih baik jika tindakan penanganannya berupa pencegahan.

Nah, sekarang udah tau dong pentingnya ilmu Epidemiologi untuk farmasis? Yuk jangan segan untuk menggelutinya :D

About these ads
No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 2,278 other followers

%d bloggers like this: