Skip to content

Forte dan Non-Forte

24/06/2011

Mungkin kita sudah tidak asing mendengar kata Forte. Ya, kata ini sering kita temukan di belakang nama sebuah obat. Contohnya Becombion® Forte, Neozep® Forte, Proris® Forte, dan lain-lain. Obat versi forte ini biasanya dikeluarkan setelah obat pendahulunya yang cukup laris di pasaran. Lalu apa sih bedanya antara obat forte dengan obat biasa (non-forte)?

Forte berarti “dikalikan”. Dalam hal ini yang “dikalikan” adalah konsentrasi kandungan zat aktifnya. Saya ambil contoh misalnya tablet Sanaflu® dan Sanaflu® Forte. Kedua obat ini sama-sama mengandung zat aktif parasetamol dan fenilpropanolamin. Tablet Sanaflu® biasa (non-forte) mengandung Parasetamol 500 mg dan Fenilpropanolamin HCl 15 mg, sementara tablet Sanaflu® Forte mengandung Parasetamol 650 mg dan Fenilpropanolamin HCl 15 mg. Kandungan parasetamol pada tablet Sanaflu® Forte adalah 1,3 kali dari tablet Sanaflu® biasa. Seberapa besar perbandingan antara obat forte dan non-forte ini bisa bervariasi, ada yang 1,5 kalinya, ada yang 2 kalinya, dan sebagainya. Dengan kata lain, dapat disimpulkan bahwa forte adalah suatu istilah yang digunakan untuk menyatakan kandungan zat aktif yang lebih besar dari obat pendahulunya.

Lalu apa tujuan adanya obat forte ini?

Banyak orang yang beranggapan bahwa obat forte lebih poten atau lebih manjur daripada obat pendahulunya (non-forte) sehingga orang cenderung lebih memilih obat jenis forte daripada jenis non-forte. Apakah benar demikian? Jawabannya tidak juga. Pada dasarnya obat jenis forte ini dibuat untuk memfasilitasi pasien-pasien tertentu dalam masalah yang berkaitan dengan dosis obat. Kebutuhan dosis obat tiap orang berbeda-beda, banyak faktor yang mempengaruhinya, misalnya saja faktor usia dan bobot badan atau luas permukaan tubuh. Orang dewasa biasanya memerlukan dosis yang lebih besar daripada dosis untuk anak-anak, atau orang yang memiliki bobot badan yang overweight juga biasanya membutuhkan dosis yang lebih besar daripada orang yang berbobot badan normal. Hal inilah yang sering membuat orang-orang yang memiliki bobot badan di atas rata-rata ini merasa obat jenis forte yang mereka minum lebih manjur daripada obat biasa. Hal ini dikarenakan dosis obat forte yang lebih besar. Selain itu, obat forte ini juga bertujuan untuk menciptakan kepraktisan. Contohnya, orang yang memiliki bobot badan di atas rata-rata harus meminum obat non-forte sehari 3 kali 2-3 tablet untuk dapat memperoleh hasil terapi yang diharapkan untuk mereka. Sementara jika mereka mengonsumsi obat forte, mereka tetap mengonsumsi obat obat tiga kali sehari namun cukup 1 tablet saja tiap frekuensi minum obat. Kepraktisan ini juga berperan penting dalam menciptakan kepatuhan pasien dalam meminum obat.

Obat forte tidak selalu hanya diperlukan untuk orang-orang yang gemuk. Orang yang yang memiliki bobot badan normal pun kadang-kadang memerlukan dosis obat yang lebih besar. Namun umumnya, orang yang memiliki bobot badan normal membutuhkan dosis yang lebih rendah daripada orang yang bobot badannya di atas rata-rata, sehingga mereka dapat cukup mengonsumsi obat biasa (jenis non-forte). Dari kesemua ini, yang paling penting diperhatikan adalah kebutuhan dosis. Jika orang yang tidak memerlukan dosis obat forte mengonsumsi obat jenis forte, maka pasien dapat mengalami overdosis. Overdosis ini bermacam-macam, mulai dari yang ringan sampai yang berat, tergantung obatnya. Overdosis dapat menyebabkan meningkatnya efek samping obat yang diterima oleh pasien. Selain itu, overdosis juga memungkinkan pasien justru menerima efek toksik dari obat yang dapat membahayakan keselamatan pasien.

Sekarang sudah jelas kan perbedaan antara obat forte dan non-forte? Hati-hati dan pertimbangkan dulu sebelum memilih obat. Jangan sampai salah pilih!🙂

Referensi :

One Comment leave one →
  1. sauki permalink
    01/01/2014 10:52 am

    thank’s atas infonya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: