Skip to content

Toilet Umum.. Why not?!

15/12/2011

Hello guys, long time no see!🙂 For this time, kita akan coba sharing info kesehatan berkaitan dengan upaya menggunakan toilet umum yang higienis.

 Yup! Toilet umum.. Memangnya ada apa dengan toilet umum?

 Untuk seseorang yang sedang dalam perjalanan ataupun bepergian ke suatu tempat, terkadang harus berinteraksi dengan yang namanya toilet umum. Namanya juga toilet umum, entah sudah berapa banyak orang dengan derajat kesehatan berbeda menggunakannya. Selain itu, pengetahuan masyarakat khususnya masyarakat Indonesia tentang penggunaan toilet secara higienis pun masih kurang sehingga membuat tingkat kebersihan toilet umum pun semakin menurun. Dalam hal toilet umum, menurut pendiri Asosiasi Toilet Indonesia, Indonesia menduduki peringkat 12 terburuk dari 18 negara-negara di Asia. Hmm.. Serem yah?😦

Kenapa harus higienis?

 Kebersihan toilet umum yang rendah, membuat semakin besarnya resiko seseorang untuk terserang penyakit. Hal ini dikarenakan, kebersihan toilet yang rendah membuat bakteri, virus, maupun organisme pembawa penyakit (carrier) dapat berkembang biak dengan baik. Sudah banyak penelitian yang membuktikan banyaknya jenis dan jumlah bakteri, virus, maupun carrier yang dapat berkembang biak di toilet, terutama toilet umum. Mulai dari Streptococcus, Staphylococcus, E. coli, Shigella, virus Hepatitis A, virus flu, hingga carrier penyakit seksual seperti Chlamydia dan Gonorrhea bisa ditemukan di toilet umum. Bakteri, virus, maupun carrier tersebut dapat menyebabkan berbagai penyakit antara lain: bisul, tipus, muntaber, diare, infeksi saluran reproduksi, infeksi saluran kemih hingga penyakit seksual.

 Wow! Banyak juga yaa.. Namun, jangan lantas karena takut akan banyaknya bakteri dan virus yang mungkin ada di toilet, kita jadi menahan diri untuk ke toilet. Karena menahan diri ke toilet tidak baik juga untuk kesehatan, misalnya saja dalam hal menahan buang air kecil dapat mengakibatkan penyakit infeksi saluran kemih yang sering dikenal dengan anyang-anyangan.

 Jangan khawatir, selama sistem imun tubuh kita baik serta selalu menerapkan cara higienis dalam menggunakan toilet, kita tidak akan mudah terserang penyakit. Itulah pentingnya kita untuk tahu dan juga mengaplikasikan pengetahuan kita tentang bagaimana menggunakan toilet umum secara higienis.

Lalu, bagaimanakah cara menggunakan toilet umum secara higienis?

 Dalam menggunakan toilet umum secara higienis, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan, antara lain:

1. Pilih toilet yang bersih

Pilih toilet yang nampak bersih baik secara kasat mata maupun berdasarkan bau yang ditimbulkan. Sebaiknya pilih toilet yang berada paling dekat dengan pintu keluar kamar mandi. Hal ini dikarenakan, toilet yang berada paling dekat dengan pintu keluar kamar mandi merupakan toilet yang memiliki jumlah bakteri paling rendah.

 2. Gunakan kertas toilet atau tisu toilet sebagai alas toilet

Hal ini dapat membantu untuk menghindari interaksi dengan kuman yang terdapat di toilet. Selain sebagai alas toilet, tisu toilet juga dapat digunakan untuk membersihkan tubuh. Sebelum memakai toilet, pastikan terlebih dahulu ketersediaan kertas ataupun tisu toilet. Bila perlu, sediakan tisu toilet sendiri.

 3. Hindari tas ataupun celana menyentuh lantai

Walaupun lantai toilet terlihat bersih, disarankan untuk tidak menaruh tas di lantai. Hal ini dilakukan untuk menghindari terbawanya kuman dan bakteri yang ada di lantai toilet. Hal yang sama juga dilakukan terhadap celana. Usahakan celana tidak menyentuh lantai saat sedang dilepaskan.

 4. Jangan lupa untuk Flush toilet

Jangan pernah lupa untuk membilas toilet ketika akan keluar dari kamar mandi agar mikroorganisme dari air toilet tidak menempel di tubuh dan membuat pengguna selanjutnya merasa tidak nyaman atau jijik.

 5. Mencuci tangan

Pastikan untuk mencuci tangan dengan sabun dan air hangat jika tersedia. Jangan lupa untuk menggosok kedua sisi telapak tangan dan sela-sela jari.

 6. Menggunakan alas tangan ketika memegang kran, pengering tangan, dan gagang pintu toilet umum

Hal ini dilakukan untuk mencegah interaksi dengan kuman yang terdapat pada kran, pengering tangan, dan juga gagang pintu.

See, ternyata menggunakan toilet umum secara higienis tidak susah kan, kawan?!🙂 Jangan lupa untuk menerapkannya yaa! Karena bagaimana pun mencegah lebih baik daripada mengobati🙂

Referensi:

http://www.wolipop.com/6-tips-terhindar-dari-kuman-di-toilet-umum tanggal akses: 2 Desember 2011

http://www.idsociety.org/ tanggal akses: 2 Desember 2011

http://www.textbookofbacteriology.net/ tanggal akses: 2 Desember 2011

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: