Skip to content

Pentingnya Minum Bagi Tubuh! Kalo Soft Drink?

05/01/2012

Pentingnya Minum Bagi Tubuh! Kalo Soft Drink?

 

Tidak lengkap rasanya jika makan tanpa minuman berasa! Jarang sekali kita memesan air mineral untuk melengkapi makan kita, terutama untuk anak-anak kost yang harus makan di luar rumah. Sampai kost, kebanyakan malah kita lupa untuk mengambil sekedar air mineral untuk melengkapi kebutuhan tubuh kita akan air.  Kita sering lupa bahwa minum juga memiliki peranan penting bagi kesehatan kita, tidak hanya makanan bergizi saja.  Kalo kamu suka minum apa untuk melengkapi makanmu? Apakah es teh, es jeruk, minuman bersoda, kopi, atau air mineral tetap menjadi pilihan utama kamu? Mari kita sama-sama mengenal pentingnya minum bagi tubuh kita dan apa sih manfaat dari kita meminum air mineral dan pada kesempatan kali ini saya akan membahas lebih jauh tentang soft drink!

Tahukah kamu? Ternyata tubuh kita terdiri dari banyak jumlah air. Tubuh kita terdiri dari setidaknya 37 L pada rata-rata tubuh orang dewasa, pada otak sebanyak 75%, pada tulang 25% dan pada darah 83%.Tubuh kita memerlukan asupan air setidaknya 2L atau 8 gelas per hari. Cukup banyak juga ya?  Pasti teman-teman juga pernah dengar bahwa “manusia dapat bertahan beberapa minggu tanpa makanan, sedangkan tanpa air, manusia hanya dapat bertahan kurang dari 1 minggu”, sebegitu pentingnya ya air untuk tubuh kita. Air sendiri dibutuhkan oleh tubuh untuk  mengatur suhu tubuh, melembabkan jaringan seperti di atas mulut, mata dan hidung, melubrikasi sendi, melindungi organ tubuh dan jaringan, membantu mencegah susah buang air besar (konstipasi), mengurangi beban kerja ginjal dan hati dengan mengeluarkan produk sisa dari tubuh, membantu melarutkan mineral dan nutrient lain sehingga dapat terserap oleh tubuh serta membawa nutrient dan oksigen ke sel.

 

Sumber Gambar :http://www.coastalcoolers.com/body.pdfhttp://www.coastalcoolers.com/body.pdf

Air juga dapat membantu dalam memetabolisme lemak yang tersimpan dalam tubuh, sehingga air memegang peranan penting sebagai bahan untuk mempercepat penurunan badan.  Kebayang dong kalau tubuh tidak mendapatkan asupan air yang cukup! Bagian tubuh yang sangat terpengaruh dengan keberadaan air adalah ginjal. Ginjal tidak dapat bekerja baik tanpa keberadaan air yang cukup. Nah, kalau ginjal tidak dapat bekerja dengan baik, maka ginjal akan dibantu oleh hati, dan ketidakcukupan air ini akan dapat menyebabkan kerusakan ginjal. Penyakit lain yang berhubungan dengan air adalah sulit buang air besar atau yang disebut sebagai konstipasi, sedangkan akibat lainnya adalah berkurangnya tonus otot dan menumpuknya produk sisa metabolisme tubuh.

Selain air mineral atau air putih, tentunya kita pasti pernah mengkonsumsi jenis minuman lain, seperti minuman ringan (soft drink). Soft drink biasa juga disebut sebagai soda, soda pop, tonik, coke, atau minuman berkarbonasi yang merupakan minuman non-alkohol yang mengandung air (tapi tidak selalu berupa air karbonasi), pemanis dan perasa. Pemanisnya sendiri bisa bermacam-macam, yaitu bisa berupa gula biasa, sirup jagung dengan kandungan fruktosa tinggi atau yang disebut sebagai high-fructose corn syrup, atau gula pensubtitusi yang biasanya terdapat dalam jenis minuman diet. High-fructose corn syrup adalah jenis gula yang paling sering dipakai, fruktosa sendiri dimetabolisme di dalam hati, sehingga kerja hati pun akan lebih berat. Pada jenis minuman diet soda, digunakan aspartam yang berpotensi untuk mengakibatkan toksisitas pada syaraf dan mengganggu endokrin. Kandungan soft drink lainnya adalah asam posfat, dapat mengakibatkan kehilangan kalsium, dan perasa mengandung MSG.

Soft drink juga seringkali mengandung kafein atau jus buah. Nah, minuman lain seperti kopi, milkshake, susu, cokelat atau teh tidak tergolong dalam soft drink ini. Minuman lain yang memiliki definisi yang hampir sama dengan  soft drink adalah sport drink. Kenapa disebut minuman ringan (soft drink)? soft drink merupakan kebalikan dari minuman keras (hard drink) yaitu minuman yang mengandung alkohol. Pada minuman ringan bisa juga sih terdapat alcohol, tapi kandungan alkoholnya ini tidak boleh melebihi 0.5% dari volume total soft drink.

Apa saja ya efek yang akan diterima tubuh kita jika mengkonsumsi soft drink ? Dalam soft drink terkandung jumlah gula yang cukup besar, sehingga konsumsi soft drink yang berlebihan dapat mengakibatkan peningkatan berat badan (obesitas) , kencing manis, membuat gigi berlubang dan memiliki kadar nutrisi yang rendah. Wah serem juga ya kalo gitu? Tapi jangan khawatir, tentunya efek ini akan terjadi pada konsumsi dengan jumlah tertentu. Tidak seketika setelah kita minum 1 gelas soft drink, kemudian efek ini muncul. Efek lain yang bisa muncul dari pengkonsumsian soft drink adalah kecemasan dan sulit tidur jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan terutama akan berefek pada anak-anak. Kenapa? Karena soft drink sendiri mengandung kafein. Pada beberapa produk soft drink juga digunakan pengawet seperti sodium benzoate yang menurut hasil penelitian dapat mengakibatkan kerusakan DNA dan juga hiperaktivitas.

Saya juga membaca tentang tanggapan dari salah satu perusahaan soft drink, yang produknya juga sangat laku keras di Indonesia mengenai efek-efek dari soft drink yang membahayakan, dan perusahaan pun memberikan beberapa sanggahannya. soft drink karena mengandung gula yang tinggi dapat digunakan sebagai sumber energi, kandungan gula yang terkandung di dalamnya tidak akan menyebabkan tekanan darah tinggi, kencing manis atau obesitas jika diiringi dengan pembakaran kalori yang cukup, tidak akan merusak gigi (cavity) karena soft drink yang berbetuk cairan tidak kontak dengan gigi dalam jangka waktu yang lama, tidak menimbulkan hiperaktivitas pada anak karena kandungan gula yang tinggi, kafein yang terkandung dalam soft drink hanya sekitar ½ dari kandungan kafein pada teh atau 1/3 dari kandungan kafein pada kopi, tidak menyebabkan batu ginjal, dll. Tentunya kita tidak bisa langsung mempercayai pembelaan ini, namun tidak juga menjudge bahwa soft drink merupakan minuman yang menakutkan bagi kesehatan dan harus dihindari. Hal yang harus dilakukan adalah dengan melakukan pengontrolan konsumsi minuman ini, terutama pada orang-orang yang memiliki resiko tinggi terhadap bahaya soft drink, yaitu seperti orang yang harus menghindari minuman dan makanan dengan kadar gula yang tinggi seperti pada penderita kencing manis (diabetes mellitus terutama tipe II) atau orang yang sedang melakukan diet, orang yang membutuhkan konsumsi air yang tinggi seperti pada penderita berbagai penyakit yang menyerang organ ginjal dan orang yang memiliki masalah lambung, karena soft drink biasanya merupakan minuman berkarbonasi yang mengandung karbon dioksida (CO2) untuk menghasilkan efek buih. Karbon dioksida sendiri bersifat asam, sehingga untuk para penderita penyakit lambung akan sangat berefek, karena akan meningkatkan kadar asam lambung. Bagi orang yang sehat dan tidak memiliki masalah kesehatan, menurut saya sah-sah saja mengkonsumsi soft drink ini. Saya sendiri pun sering mengkonsumsinya, karena efeknya yang menyegarkan, tentunya dalam jumlah yang tidak berlebihan.

Nah, gimana? Masih malas minum air mineral? Mari kita biasakan untuk meminum 8 gelas per hari dan tidak mengkonsumsi soft drink secara berlebihan. Kalo malas minum air mineral di luar, karena khawatir dengan higienitasnya, tidak ada salahnya bila kita membawa botol minum yang bisa dibawa ke mana-mana walau membuat tas kamu jadi lebih berat. Selain hemat uang jajan, kesehatan terjamin dan tentunya juga kita berkontribusi pada lingkungan, karena ikut mengurangi penggunaan botol plastik. Pada kesempatan berikutnya, akan kita bahas jenis minuman berasa lainnya. Semoga bermanfaat!

Referensi :

http://www.coastalcoolers.com/body.pdf

http://nutrition.about.com/library/blwatercalculator.htm

http://www.coca-colabottling.co.id/ina/ourcompany/index.php?act=faq

http://en.wikipedia.org/wiki/Soft_drink

http://www.globalhealingcenter.com/american-trends/soft-drinks-america

Yositalida Kamaratih Fauzi

Mahasiswa Apoteker Sekolah Farmasi Institut Teknologi Bandung

“Do everything until your limit!”

7 Comments leave one →
  1. ronal permalink
    06/01/2012 1:40 am

    mbak hard drink juga dibahas donk,,,
    ada manfaatnya gak si hard drink mbak??

  2. 06/01/2012 5:16 am

    iya sih, air is the best lah..😀 walaupun kalau makan di luar kadang mesan es teh juga
    kalau minuman serbuk rasa bua itu termasuk soft drink nggak sih?

    tapi ada yang bikin aku bertanya-tanya nih, kak
    Pada beberapa produk soft drink juga digunakan pemanis buatan seperti sodium benzoate yang menurut hasil penelitian dapat mengakibatkan kerusakan DNA dan juga hiperaktivitas

    sodium benzoate itu bukannya pengawet ya kak? atau bisa juga digunakan sebagai pemanis?

    • 06/01/2012 5:18 am

      uwah..typo, maksudku minuman serbuk rasa buah (setelah dilarutkan dalam air)😀

  3. 06/01/2012 6:28 am

    @amito: wah terima kasih banyak amito, salah ketik saya, hehe. sodium benzoat memang digunakan sebagai pengawet. akan kami koreksi. terima kasih ya🙂

    kalo minuman serbuk bisa juga disebut sebagai minuman ringan karena minuman ringan bisa dibagi menjadi minuman ringan dengan karbonasi dan tanpa karbonasi, selain dalam bentuk cair, bisa juga dalam bentuk serbuk.

    @ronal : wah boleh tuh nanti dibahas masalah minuman keras. terima kasih sudah mampir

    • Monika Oktora permalink
      08/01/2012 2:07 pm

      nice post yostal! ditunggu yaa tulisan lainnyaa🙂
      ada penerus nih kita,hehe

  4. 09/01/2012 7:41 pm

    makasih banyak kak Monch. masih harus banyak belajar sama kak Monch.🙂

  5. 25/02/2014 11:31 am

    Dalam soft drink terkandung jumlah gula yang cukup besar, sehingga konsumsi soft drink yang berlebihan dapat mengakibatkan peningkatan berat badan (obesitas) , kencing manis, membuat gigi berlubang dan memiliki kadar nutrisi yang rendah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: